Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Erdi A Chaniago. (BP/Ant)

BANDUNG, BALIPOST.com – Bahan peledak yang ditemukan Tim Densus 88 Antiteror dan Brimob Polda Jabar di Gunung Ceremai, Kabupaten Majalengka, berjarak sekitar 7 kilometer dari permukiman terdekat. Hal itu dikatakan Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Erdi A Chaniago.

Menurutnya, bahan peledak berjuluk “Mother of Satan” seberat 35 Kilogram itu masih aktif saat ditemukan oleh petugas. Bahan peledak dengan daya ledak tinggi itu sudah di-disposal hingga nonaktif. “Bom tersebut dalam kondisi utuh dan aktif, dalam artian itu bisa diaktifkan saat ditemukan,” kata Erdi di Polda Jawa Barat, dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (5/10).

Baca juga:  Gelombang Naik, Pemudik Diimbau Menyeberang Pagi

Erdi mengatakan sebagian dari bahan peledak itu sempat diledakkan di lokasi penemuan oleh kepolisian guna mengukur seberapa daya eksplosif bahan tersebut. Hasilnya, kata dia, bahan peledak itu berdaya ledak kuat dan cukup mengkhawatirkan apabila tidak segera ditangani petugas. “Dengan sedikit saja, ternyata itu dapat mengakibatkan suatu getaran yang sangat kuat. Nah sisanya bahan peledak itu dibawa ke Brimob untuk dilakukan disposal,” kata dia.

Baca juga:  Saat Pandemi Covid-19, Banyak Warga di Badung Urus IMB Karena Ini

Kemudian di Markas Komando Brimob Polda Jawa Barat, kata dia, para petugas meledakkan kembali bahan peledak itu agar tidak tersisa setelah diurai. “Jadi kita ledakkan kembali untuk mengamankan karena ini sangat berbahaya jika digunakan teroris,” kata Erdi.

Meski sudah ditemukan, menurutnya, Tim Densus 88 Antiteror juga akan mengembangkan penemuan tersebut guna mencari potensi adanya hal serupa. “Tapi diharapkan tidak ada lagi, karena ini sangat membahayakan jika kita menemukan seperti itu lagi, daya ledaknya tinggi, sangat mengkhawatirkan,” katanya. (Kmb/balipost)

Baca juga:  Galian C di Bebandem Disidak
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *