Pura Titigonggang. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Penataan dan Pelindungan Kawasan Suci Pura Agung Besakih kini sedang dilakukan. Seiring pengerjaan penataa ini, banyak isu yang berkembang di masyarakat, termasuk penggeseran pura yang ada di kawasan itu.

Bendesa Besakih Jro Mangku Widiartha menegaskan penataan ini tidak menyentuh areal pura. Ia menyayangkan isu yang beredar di masyarakat.

“Kami tegaskan tidak ada penataan mengenai areal dalam pura. Karena penataan yang dilakukan ini adalah pedagang dan parkir. Bila ada berhembus isu di masyarakat, ada penataan sampai ke dalam areal pura itu sepenuhnya tidak benar,” tegas Widiartha.

Baca juga:  Peringatan Bom Bali ke-16, Trauma Belum Hilang

Termasuk Pura Titi Gonggang, jelas Widiartha, tidak ada sampai dipindah termasuk titi ugal-agil. Hanya saja, akan dilakukan perluasan ke hulu.

Pura Titi Gonggang dan titi ugal-agil akan tetap berada di tempatnya. “Semuanya akan tetap di sana. Hanya diperluas saja. Karena dilakukan penataan, beberapa pelinggih sementara waktu digeser. Nantinya semuanya akan dikembalikan ke tempat semula,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *