Giring Ganesha. (BP/ata)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Menjelang dua tahun pandemi melanda Bali, pusat-pusat pariwisata Bali, seperti Kuta dan Legian, menjadi sepi menyayat hati. Masyarakat Bali makin merana namun seakan tak berdaya.

Pemerintah pusat diminta segera mengambil keputusan untuk menyelamatkan Bali. Salah satunya dengan konsep Quarantine in Paradise. Hal tersebut disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha.

Mantan vokalis Band Nidji ini mengaku menangis melihat kondisi Bali. Bali menurut Giring wajib diselamatkan dari keterpurukannya. “Saya sangat sedih bahkan sampai menangis melihat kondisi Kuta dan Legian yang demikian sepi,” katanya saat wawancara dalam program Bali Post Talk Kamis (9/9) di Canggu.

Baca juga:  Kesimpangsiuran RKUHP, Bali Terancam "Kosong" Wisman

Sebagai Plt Ketua Umum PSI, Giring mengusulkan agar Bali dijadikan tempat karantina bagi warga negara asing (WNA) yang masuk ke Indonesia. Kebijakan pemerintah selama ini adalah menjadikan Jakarta sebagai daerah karantina bagi WNA yang hendak melakukan kunjungan ke Indonesia.

Kebijakan ini, menurut Giring, kurang tepat karena akan membuat WNA yang ingin melakukan perjalanan harus keluar biaya transportasi pesawat dua kali lipat. Bali menurut Giring memiliki segalanya sebagai tempat karantina.

Baca juga:  Ini Alasannya, Pengungsi di Desa Tembok akan Direlokasi

Mulai dari sarana akomodasi pariwisata hingga kesiapan masyarakatnya yang sudah akrab dengan dunia hospitality. Fasilitas kesehatan yang ada di Bali juga dinilai sudah ada yang berkelas internasional.

Keunggulan Bali saat ini, menurut Giring adalah persentase masyarakat yang tervaksinasi sudah sangat tinggi. Warga yang sudah tervaksinasi dosis satu sudah hampir seratus persen, sedangkan dosis dua sudah hampir 70 persen. Sehingga Bali sangat layak dijadikan salah satu pintu gerbang Internasional. “Kami menyebut konsep karantina di Bali dengan “quarantine in paradise,”” katanya.

Baca juga:  Nasional Catatkan Tambahan Belasan Ribu Kasus COVID-19

Dengan menjadikan Bali sebagai salah satu pintu gerbang WNA masuk ke Indonesia dengan konsep quarantine in paradise, ekonomi Bali yang sangat terpukul akan dapat bergerak kembali. Selain menghidupkan hotel, kebutuhan akan makanan juga akan menggerakkan sektor pertanian.

Konsep Quarantine in Paradise, menurut Giring sudah disampaikan langsung ke Presiden Jokowi. “Saat pertemuan Presiden dengan pimpinan parpol di Istana beberapa waktu lalu, saya sudah langsung sampaikan ke Pak Jokowi,” kata Giring.

Presiden, lanjut Giring, akan membahas usulan dari PSI tersebut. (Nyoman Winata/balipost)

BAGIKAN

1 KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *