(Dokumen BRI)

JAKARTA, BALIPOST.com – Komitmen untuk memberikan kemudahan dalam layanan jasa keuangan bagi nasabah hingga ke seluruh pelosok negeri terus diberikan oleh BRI dengan terus bertransformasi khususnya secara digital. Penegasan tersebut dikemukakan BRI dalam peringatan Hari Pelanggan Nasional 2021.

Direktur Utama BRI Sunarso yang membuka seminar daring puncak rangkaian Hari Pelanggan Nasional mengatakan komitmen untuk terus bertransformasi khususnya digitalisasi, tak terlepas dari kehadiran BRI di tengah-tengah masyarakat Indonesia selama hampir 126 tahun. “Kami menyadari bahwa kesetiaan nasabah adalah faktor penting bagi BRI. Maka BRI terus berinovasi untuk terus memberikan kualitas layanan yang melebihi harapan nasabah,” ujarnya.

Transformasi yang dilakukan BRI tersebut diharapkan dapat semakin memudahkan nasabah dengan produk dan layanan perbankan yang semakin khas. Kekhasan produk perbankan itu memang terus diselaraskan BRI mengikuti perjalanan nasabah yang terekam dalam layanan BRI seperti Digital Saving, Internet Banking, dan BRImo yang terus dikembangkan.

Baca juga:  Hormati Vonis Buni Yani, Publik Diminta Cegah Polemik Baru

Sebagai contoh, saat ini BRImo menjadi aplikasi QRIS dengan fitur terlengkap. Fitur-fitur tersebut seperti QR Pedagang BRImo yang memudahkan transaksi jual beli pedagang serta mencatat pembukuan transaksi dengan QR tersebut.

Ada pula fitur QRIS Cross Border yang yang memungkinkan nasabah pengguna BRImo bertransaksi di luar negeri. Piloting fitur tersebut dilakukan BRI di Thailand. Kehadiran BRImo memang diharapkan BRI menjadi one stop solution bagi nasabah dalam melakukan berbagai transaksi perbankan secara digital.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M. Nugraha mengatakan transformasi untuk menciptakan kemudahan dan kenyamanan nasabah dalam memperoleh layanan terus dipacu pihaknya tak terlepas dari jumlah nasabah yang sangat besar. Saat ini nasabah BRI mencapai 170 juta di seluruh Indonesia.

Ia pun menggarisbawahi bahwa spektrum nasabah BRI sangat unik karena menyentuh masyarakat paling bawah hingga kalangan high net worth. Walaupun demikian, BRI memperlakukan semua nasabah sama baiknya. “Maka kami setiap hari harus all out kepada nasabah. Kami harus bisa deliver value kepada mereka,” kata Arga menegaskan.

Baca juga:  Di Masa Pandemi, AgenBRILink Justru Dijadikan Pilihan Bertransaksi

Dia menjabarkan, dalam transformasi digital yang pertama dilakukan adalah customer facing. Bagaimana BRI berhadapan dengan nasabah.

Ia mencontohkan melalui aplikasi BRImo nasabah disajikan dengan banyaknya fitur yang mempermudah transaksi. Kedua, BRI melakukan perbaikan di sisi internal. Misalnya, memperbaiki cara deliver value kepada nasabah dengan aplikasi BRISPOT. Layanan yang awalnya dilakukan 2 minggu menjadi 2 hari setelah proses digitalisasi terjadi.

Di sisi lain, transformasi secara digital itu pun terus dilakukan BRI dalam rangka membuat nasabah semakin nyaman melakukan kegiatan transaksi keuangan, tanpa khawatir terpapar COVID-19 yang saat ini menyebabkan pandemi.

Baca juga:  Dukung UMKM Naik Kelas, BRI Latih 10.000 Pelaku UMKM

Kendati demikian, jika kebutuhan transaksinya masih harus datang ke kantor pelayanan, BRI tetap memberikan layanan terbaik dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Namun nasabah tetap diarahkan untuk bertransaksi melalui electronic banking dan electronic channel BRI, digital platform, serta melalui Agen BRILink. “Satu hal yang saya rasakan betul dan saya harap pada seluruh insan BRILiaN kehadiran kita betul-betul memberikan sumbangsih bagi masyarakat. Dan itu harus kita wujudkan dengan pelayanan lebih baik kepada nasabah kita,” ujarnya menekankan.

Sejalan dengan tema Hari Pelanggan Nasional 2021 yakni “Customer Experience in Digital Era”, BRI juga menggelar acara puncak melalui webinar dengan tema Menuju Layanan Masa Depan untuk setiap kemudahan. Acara ini menghadirkan pula perwakilan nasabah dari berbagai daerah di Indonesia. Nasabah yang hadir pun turut diberikan apresiasi berupa bantuan untuk keberlangsungan usaha pada masa pandemi. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *