Tangkapan Layar Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Dalam Kota Jakarta segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang sepanjang 9,3 kilometer pada Senin (23/8/2021). (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Dalam Kota Jakarta segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang sepanjang 9,3 kilometer, Senin (23/8). Proyek ini merupakan bagian dari proyek infrastruktur Enam Ruas Tol Dalam Kota Jakarta.

Menurut Jokowi, jalan tol ini merupakan bagian dan melengkapi dari jalan tol metropolitan Jabodetabek, merupakan bagian juga dari lingkar dalam Jakarta dan lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR). Dikutip dari Kantor Berita Antara, Presiden mengharapkan dengan selesainya segmen tol Kelapa Gading-Pulo Gebang ini, distribusi logistik akan semakin baik dan meningkatkan daya saing kegiatan dan produk ekonomi domestik.

Baca juga:  Menkop Puspayoga Minta Koperasi MPIG Belantih Profesional

Ruas tol Kepala Gading-Pulo Gebang ini akan terhubung dengan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dan kawasan ekonomi khusus (KEK) Marunda, Jakarta Utara. Dua wilayah tersebut merupakan sentra ekonomi dan jalur perdagangan strategis. Dengan begitu, dengan adanya ruas tol baru ini, diharapkan mobilitas masyarakat dan juga barang akan semakin lancar.

“Sehingga akan memperkuat daya saing kita sehingga utamanya mobilitas orang semakin baik, mobilitas barang antara Jakarta dan sekitarnya akan semakin baik,” ujar Presiden Jokowi.

Baca juga:  Pemerintah Diminta Segera Terbitkan Revisi Perpres No. 10 Tahun 2021

Adapun pembangunan segmen tol Kepala Gading-Pulo Gebang telah dimulai sejak Februari 2017. Tol Dalkot Kelapa Gading-Pulo Gebang yang termasuk 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta merupakan Proyek Strategis Nasional sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No.56 Tahun 2018.

Secara keseluruhan 6 Ruas Tol ini membentang sepanjang 69,77 km dengan mengadopsi konstruksi jalan layang yang terintegrasi dengan transportasi umum Bus Rapid Transit (BRT).

Pembangunannya dilaksanakan secara bertahap yakni tahap 1 sepanjang 31,2 km terdiri dari Seksi A Kelapa Gading – Pulo Gebang sepanjang 9,3 km, Seksi B Semanan-Grogol sepanjang 9,5 km, dan Seksi C Grogol-Kelapa Gading sepanjang 12,4 km. Nilai investasi pembangunan tahap 1 sebesar Rp 20,73 triliun dengan kontraktor pelaksana PT Jaya Konstruksi – PT Adhi Karya (KSO).

Baca juga:  Presiden Diagendakan Kunjungi Pengungsi Gunung Agung, Ini Rutenya

Turut hadir dalam peresmian Tol Dalkot Kelapa Gading-Pulo Gerbang itu di antaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *