Petugas PLN saat bekerja di Nusa Penida. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – PLN berencana melakukan pemeliharaan pembangkit di Nusa Penida. Dampaknya, seluruh layanan listrik akan dipadamkan  pada 3 Agustus 2021.

Pemadaman, kata Manager PLN UP3 Bali Timur Andre Pratama Djatmiko, didampingi oleh Yusna Prambudi, Supervisor Senior Perencanaan Operasi dan Niaga PT Indonesia Power Unit Bisnis Bali, hanya 3 jam, mulai dari pukul 01.00 WITA sampai pukul 04.00 WITA. Namun, sektor vital seperti RS Gema Santi dan Puskesmas di Nusa Penida, sudah diantisipasi dengan memanfaatkan genset.

Baca juga:  Gara-gara Ada Tak Ikut Tes, Pengumuman Rektrutmen Pegawai RS Pratama Batal

Ia menyampaikan proses pemeliharaan kubikel pada pembangkit ini, guna memastikan keandalan listrik untuk Nusa Penida dan sekitarnya. Pemeliharaan yang dilakukan PLN yaitu pada sisi atas kompartmen kubikel. Sisi ini hanya mempunyai 1 busbar untuk seluruh engine (7 unit).

Perbaikan ini harus dilaksanakan karena bekerjanya sistem proteksi di MDU (Machine Diesel Unit) #1 pada 7 Juni 2021 pada pukul 05 31 WITA. Pemeliharaan ini sudah cukup mendesak. Sebab, apabila pekerjaan pemeliharaan ditunda, dampaknya adalah terjadinya kelembaban pada busbar panel MDU #1 kompartment sisi atas. “Maka ini dapat menimbulkan short shircuit,” tegasnya.

Baca juga:  Ratusan Ibu Bertahan Hidup dari Aktivitas Pemindangan Ikan saat Pandemi

Ia mengatakan pemilihan waktu selama 3 jam ini sudah didasarkan pada beban puncak terendah harian. Yakni sebesar 3,3 MW.

Sehingga dapat meminimalisir ketidaknyamanan yang akan dirasakan oleh pelanggan akibat jadwal pemeliharaan pembangkit ini. “Untuk mendukung pekerjaan ini, pekerjaan harus dilaksanakan dalam keadaan offline. Namun kami berupaya agar durasi pemeliharaan dapat diperpendek dengan mengoptimalkan waktu pekerjaan,” katanya. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *