GM Susanto Megaranto. (BP/nel)

JAKARTA, BALIPOST.com – Pecatur Indonesia GM Susanto Megaranto harus menghentikan pertandingan pada putaran kedua Piala Dunia Catur 2021, di Choci, Rusia, Kamis (16/7). Ini setelah ia  dinyatakan positif COVID-19.

Susanto, dikutip dari Kantor Berita Antara, sedang menjalani pertandingan pertama babak kedua melawan pecatur Amerika Serikat, GM Fabiano Caruana, saat ofisial dari Federasi Catur Internasional (FIDE) menghampirinya. Ia dinyatakan Susanto positif COVID-19 dan pecatur terbaik Indonesia itu diminta meninggalkan arena pertandingan.

Pertandingan sendiri baru berlangsung 15 langkah. FIDE melalui situs resminya menyatakan ada salah satu pecatur peserta Piala Dunia Catur 2021 positif COVID-19. Namun, FIDE tidak mengungkap identitas pecatur tersebut.

Baca juga:  Pandemi COVID-19, Sampoerna Tegaskan Tak Ada PHK

“Sesuai dengan protokol kesehatan dan keselamatan umum turnamen, pemain telah diminta untuk segera meninggalkan area bermain, dan permainannya dinyatakan kalah. Pemain yang bersangkutan mengenakan masker wajah selama pertandingan, dan dia telah ditempatkan di karantina. Lawannya, yang juga diminta segera meninggalkan ruang bermain, kini akan menjalani pemeriksaan,” kata FIDE.

Identitas pecatur yang diidentifikasi positif terpapar virus corona itu diungkap laman catur populer chess24.com, yang menulis bahwa pernyataan dari FIDE di bawah ini mengkonfirmasikan hasil test positif COVID-19 untuk Susanto Megaranto yang tengah bertanding dengan Fabiano Caruana.

Baca juga:  Sidang Kabinet Bahas Program Makan Siang Gratis

GM Fabiano Caruana, yang menjadi lawan Susanto di putaran kedua pun mengkonfirmasi bahwa pecatur yang dimaksud FIDE adalah Susanto. Melalui Twitter, Caruana mengungkapkan rasa simpatinya untuk Susanto. Pecatur Amerika Serikat itu berharap Susanto dalam kondisi baik-baik saja meski positif COVID-19.

“Saya berharap Tuan Megaranto baik-baik saja. Dia tampak baik-baik saja selama pertandingan, jadi cara pertandingan berakhir adalah kejutan yang sangat tidak menyenangkan. Besok saya akan menjalani tes untuk mengetahui apakah saya terkena COVID dan semoga saya bisa melanjutkan pertandingan setelah itu,” tulis Caruana.

Baca juga:  Kumulatif Kasus COVID-19 Nasional Tembus 3,5 Juta, Kematian Lampaui 100 Ribu Jiwa

Hingga berita ini diturunkan, belum ada pernyataan dari Tim catur Indonesia yang tengah berada di Sochi Rusia.

Sebelumnya, pecatur Indonesia, IM Mohamad Ervan juga harus mundur di putaran pertama karena terkonfirmasi positif COVID-19. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *