Kakesdam IX/Udayana, Kolonel Ckm I Made Mardika (kanan) menyuntikkan vaksin pada anak, Jumat (2/7/2021). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kodam IX Udayana melalui kesdam IX Udayana menggelar vaksinasi untuk anak, Jumat (2/7/2021). Kegiatan ini menurut Kepala Kesehatan Kodam (Kakesdam) IX/Udayana, Kolonel Ckm I Made Mardika, dilakukan atas seizin Pangdam IX Udayana dan Dinas Kesehatan Bali.

Kegiatan vaksinasi ini kata dia, merupakan yang pertama di lingkungan Kodam se-Indonesia. “Vaksinasi dilakukan untuk anak umur 12-17 tahun. Dengan sasaran anak-anak keluarga besar TNI dan juga untuk Umum. Vaksin yang digunakan adalah jenis Sinovac sesuai rekomendasi dari BPOM dan IDAI,” katanya saat ditemui di sela vaksinasi.

Baca juga:  Bangli Tiadakan Karantina Mandiri

Adapun dosis yang diberikan yakni setengah dari dosis yang diberikan ke orang dewasa. Pada kegiatan ini ditargetkan vaksinasi sebanyak 300 orang sehari.

Yang aman untuk kegiatan ini, dilakukan untuk anak dan untuk orang dewasa. Vaksinasi ini lanjut dia, tidak hanya dilakukan di Denpasar saja, namun di Singaraja, Mataram, Kupang, semua dengan vaksin Sinovac.

“Semoga sasaran target dari pemerintah khususnya di Bali, lekas tercapai. Dengan adanya vaksinasi, anak ini, target yang sebelumnya sebanyak 3 juta penduduk, bisa bertambah menjadi sekitar 4 juta,” harapnya.

Baca juga:  Kawal PPDB, DPRD Denpasar Minta Tak Ada Tambahan Rombel dan Jalur Belakang

Untuk vaksinasi dosis kedua kata dia, sama seperti orang dewasa dengan rentan waktu 28 hari. Untuk anak dosisnya 0,5 ml. “Untuk anak-anak sementara baru jenis Sinovac saja,” ucapnya.

Program vaksinasi untuk anak ini, kata dia, juga sebagai dukungan untuk rencana dimulainya pembelajaran tatap muka (PTM). (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *