Kornelis Kwangu Langu. (BP/Ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Petinju Indonesia asal Bali Kornelis Kwangu Langu, yang turun di kelas layang (49 kg), langkahnya harus terhenti. Kornelis terhenti, pada babak delapan besar, Kejuaraan Tinju Asia, di Dubai, Selasa (25/5).

Kornelis harus mengakui ketangguhan lawannya, Daniyal Sabit dari Kazhakstan, dengan skor total 136-147. Sejak pertama, Kornelis spontan bertarung ketat. Ia mencoba mengerahkan segala kemampuannya, baik teknik maupun taktik dan strategi. Alhasil, wasit dan juri menyatakan Kornelis unggul tipis, dan nilainya 48-47.

Baca juga:  Dana Duka Dihapus, Warga Enggan Urus Akta Kematian

Memasuki ronde kedua, Daniyal makin tampil agresif dan beberapa kali pukulannya mendarat ke tubuh Kornelis hingga Daniyal dinyatakan menang dan poinnya 50-44. Pertarungan pada ronde ketiga, sekaligus babak terakhir, penampilan Daniyal makin mendominasi. Tercatat beberapa kali pukulan Daniyal mendapat poin. Bahkan, Daniyal kembali dinyatakan unggul poinnya 50-44 pada ronde pamungkas sekaligus babak penentuan ini.

Manager Timnas Made Muliawan Arya, Rabu (26/5), menyatakan, kekalahan ini wajar, mengingat Kornelis baru bergabung ke pelatnas, dan langsung diterjunkan pada Kejuaraan Asia. “Saya kira Kornelis sudah tampil maksimal dan allout di atas ring,”tutur Ketua Pengprov Pertina Bali, yang akrab disapa De Gadjah ini.

Baca juga:  Pino Bahari Gelar Kejuaraan Tinju di Kuta

Ia mengakui, persiapan di pelatnas yang sangat mepet, membuat persiapan Kornelis kurang matang. Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar ini, tak mempermasalahkan kekalahan Kornelis di level Asia. Apalagi, Kornelis dipersiapkan mengikuti olahraga adu jotos ini, pada hajatan multievent Asia Tenggara, yakni SEA Games, di Vietnam, November nanti. “Selain itu, Kornelis juga akan turun di PON Papua, Oktober mendatang,”terang De Gadjah. (Daniel Fajry/balipost)

Baca juga:  Wajah Pusat Kota Gianyar Semarak dengan Pedagang Bermobil
BAGIKAN