Pegolf Bali yang turun pada kategori C, Abigail Rhea. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tercatat 35 pegolf junior bertanding dalam event turnamen bulanan di Lapangan Golf Bali Handara, 1-2 Mei. Para peserta terdiri atas pegolf lokal Bali (30) ditambah pegolf asal Surabaya (5). Mereka adu ketangkasan bermain golf, dan tidak boleh mengendarai car.

Kepala Bidang Pembinaan Junior Pengprov PGI Bali Jurry Soeryo Wiharko menerangkan, peserta dari Surabaya sangat antusias mengikuti turnamen junior bulanan ini. “Pegolf junior dari Kota Pahlawan, tak menyangka turnamen bulanan semeriah ini,” sebut Jurry, di Denpasar, Minggu (2/5).

Baca juga:  Diduga Pungli Sopir Truk, Polisi Amankan Seorang Pria

Dikemukakan, selama bertanding para peserta sama sekali tidak diangkut kendaraan. Bahkan, mereka rela berjalan kaki selama mengikut turnamen golf (walking golf). “Jadi, turnamen ini juga melatih anak-anak bertanding secara mandiri, sebab mereka berjalan kaki sekitar 6 km,” jelasnya.

Ia menjelaskan, pada hari pertama pegolf menuntaskan 18 hole, kemudian dilanjutkan pada hari kedua pegolf kembali melahap 18 hole. “Ya… Kalau dihitung-hitung mereka berjalan 6 km selama dua hari atau totalnya 12 km,” ungkapnya.

Menurut dia, turnamen junior bulanan ini bertujuan membiasakan pegolf Bali untuk berjalan kaki selama melakoni pertandingan di lapangan golf. “Kami ingin membiasakan pegolf Bali jika berlaga di luar Bali, supaya terbiasa berjalan kaki dalam menuntaskan pertandingan, dari satu hole ke hole berikutnya,” paparnya.

Baca juga:  Gunung Agung Siaga, Gubernur Bali Berangkat ke Karangasem

Selain itu, kata dia, berjalan kaki sekaligus mengukur kemampuan fisik dan stamina atlet selama bertanding. “Bahkan, biasanya di ajang turnamen para pegolf berjalan kaki selama tiga hari. Termasuk para orangtua pegolf juga ikut berjalan kaki mendampingi putra dan putrinya,” tukasnya.

Ia memaklumi, para pegolf yang berjalan kaki secara otomatis menerapkan protokol kesehatan (prokes), persisnya menjaga jarak atau social distancing. “Para caddy yang mendampingi atlet bertanding juga wajib memakai masker,” ucapnya.

Baca juga:  Di Tabanan, Empat Kecamatan Ini Masih Miliki Kawasan Kumuh

Ia mengakui, kejuaraan golf junior bulanan ini, juga sebagai persiapan para peserta untuk mengikuti turnamen bergengsi di Bali. Ia mencatat, setidaknya Bali menjadi tuan rumah event yang digelar Perkumpulan Akademi Golf Indonesia (PAGI) yang dihelat pada Juli.

Juga, Indonesia Junior Premier League yang diselenggarakan Agustus mendatang. “Turnamen Premier League ini memperebutkan Piala Menpora,” ujarnya. (Daniel Fajry/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *