DENPASAR, BALIPOST.com – LBH Paiketan Krama Bali menyatakan siap mendampingi para aktivis PHDI Bali yang telah melaporkan Desak Made Darmawati (DMD) ke Polda Bali. DMD diduga melakukan penistaan terhadap Agama Hindu.

Kesiapan itu ditegaskan oleh Ketua LBH Paiketan, I Wayan Gede Mardika, S.H, M.H saat bertemu Ketua PHDI Bali, Prof. Dr. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si didampingi Sekretaris PHDI Bali, Ir. Putu Wirata Dwikora, S.H beserta jajaran pengurus PHDI Bali di Gedung PHDI Bali, Rabu (21/4) sore. Tim LBH Paiketan Krama Bali ke Gedung PHDI Bali terdiri dari Ketua LBH Paiketan I Wayan Gede Mardika, Sekretaris LBH Paiketan, I Ketut Dody Arta Kariawan, S.H, M.H, Penasihat LBH Paiketan I Made Sari S.H, M.H, Anggota LBH Paiketan seperti Made Dwi Dinaya, Ngurah Susila I Wayan Suadnyana dan Dewa Komang Wiesdya Parsana.

Baca juga:  Ingin Kuliner Jepang? Coba 5 Rekomendasi Restoran Ini

Tim LBH Paiketan itu diantar oleh Penasihat Paiketan, Prof. Dr. Ir. Wayan Windia, S.U, Sekretaris Umum Paiketan, Made Mendra Astawa, Ketua Divisi Strategic & Urgent, I Wayan Muliana Guntur, Pembina Ekonomi dan Wirausaha Paiketan, I Nyoman Sender, Ketua Departemen Adat dan Budaya Bali, I Made Kariyasa, S.H, M.H dan Direktur Eksekutif Paiketan Krama Bali, Ir. Nyoman Merta, M.I.Kom.

Mardika menyatakan, LBH Paiketan Krama Bali tunduk dengan konstitusi. Apabila konstitusi dilanggar, LBH Paiketan siap mendampingi setiap pelaporan dari masyarakat yang kepercayaannya dinodai oleh seseorang.

Baca juga:  Beri Pendampingan Masyarakat Menengah ke Bawah, LBH Paiketan Krama Bali Diresmikan

Ia menyatakan, LBH Paiketan siap mendampingi dan mendukung gerakan dari para aktivis PHDI Bali. Mardika menyarankan agar PHDI Bali membentuk team khusus untuk penanganan penodaan terhadap Agama Hindu pada saat ini dan juga mengantisipasi kejadian yang serupa di masa depan.

Penasihat LBH Paiketan, Made Sari mengajak semua komponen umat Hindu terutama para aktivis PHDI Bali  komitmen dalam perjuangan menegakkan hukum dan keadilan. LBH Paiketan Krama Bali bisa menjaga komitmen yang digaungkan. “Kalau kami bilang “ya” itu artinya kami benar-benar siap,” ujarnya.

Baca juga:  Dugaan Penistaan Hindu oleh DMD, KMHDI Datangi Bareskrim Polri

Prof Windia menilai, teman-teman di PHDI Bali sudah sangat responsif dalam kasus Desak Darmawati ini dan sudah bereaksi dengan cepat. Saran Prof. Windia, tetap jaga profesionalitas karena yang dihadapi adalah orang yang punya kualitas intelektual yang cukup. “Jaga juga integritas intelektual, integritas moralitas dan integritas religiusitas baik ke dalam maupun ke luar,” saran Prof Windia.

Ketua PHDI Bali, Ngurah Sudiana mengaku senang mendapat dukungan dari LBH Paiketan Krama Bali. “Sejak dulu saya salute dengan Paiketan Krama Bali, apalagi sekarang mendapatkan support dari LBH Paiketan, saya menjadi lebih bersemangat,” ujar Ngurah Sudiana. (ram/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *