Pemutakhiran data berkelanjutan, KPU mulai buka logistik kotak surat suara. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabanan melakukan pembukaan logistik kotak surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 untuk mengambil dan mengarsipkan sejumlah data. Nantinya digunakan untuk pemutakhiran data berkelanjutan sesuai perintah KPU RI.

Pengosongan kotak surat suara dan pemilahan arsip diawasi juga Bawaslu Tabanan, Wakapolres Tabanan, perwakilan dari Dinas Kendudukan dan Pencatatan Sipil serta dari partai politik. Kegiatan bertempat di ruang penyimpanan logistik KPU di GOR Debes, Tabanan, Jumat (26/3).

Baca juga:  Di Tabanan, 4 Parpol Tak Daftar dan 1 Parpol Ditolak Berkasnya

Ketua KPU Tabanan, I Putu Gede Weda Subawa menjelaskan dalam amanat PKPU nomor 36/2018 disebutkan pengosongan logistic kotak surat suara hasil pemilihan bisa dilaksanakan satu bulan setelah pengangkatan sumpah janji Pemimpin Daerah terpilih. “Dari segi regulasi kita tidak melanggar, jika melakukan satu bulan setelah pelantikan calon terpilih,” terangnya.

Kegiatan pengosongan kotak suara pasca Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, dikatakan pejabat asli Kediri ini ditarget rampung selama lima hari kerja. Sebanyak 30 staf KPU Tabanan termasuk seluruh jajaran komisioner dilibatkan.

Baca juga:  Kodim 1619/Tabanan Karya Bakti Beton Jalan Subak

Total ada 1.130 kotak suara, dibuka secara bertahap yang telah dibagi per kecamatan. Dan untuk satu hari ditarget rampung dua kecamatan seperti saat ini dibuka logistik kotak surat suara kecamatan Tabanan dan Kediri. “Jadi staf dan komisioner ini dibagi sehingga lebih cepat rampung,” jelasnya. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.