Pada Selasa (9/3), sampah kiriman masih memenuhi permukaan sungai yang berada di sebelah SLB Jimbaran. (BP/edi)

MANGUPURA, BALIPOST.com –  Banjir kiriman yang terjadi di kawasan jalan By Pass Ngurah Rai, Jimbaran, Senin (8/3) sebagian besar memang diakibatkan oleh sampah. Curah hujan yang cukup tinggi, dari kawasan hulu, membawa sampah, baik berupa ranting dan sampah dari rumah tangga.

Dari pantauan Selasa (9/3), sampah kiriman masih memenuhi permukaan sungai yang berada di sebelah SLB Jimbaran. Meski genangan air sudah berkurang, namun sampah yang menumpuk ini tentu berpotensi membuat air sungai kembali meluap.

Baca juga:  Budaya Baca Rendah, Perlu Upaya Tingkatkan Minat Generasi Muda

Dikonfirmasi terkait penanganan banjir di Jimbaran, Deni Wiharjito selaku PPK Pelaksanaan Jalan Nasional III Bali mengakui, kalau banjir ini diakibatkan oleh sampah. Dari hasil evaluasi sementara yang dilakukan, penyebab utama banjir memang karena curah hujan yang tinggi, juga akibat banyaknya sampah di saluran drainase lingkungan. “Tentunya harus didukung penuh oleh masyarakat agar tidak membuang sampah ke saluran air baik itu saluran drainase maupun irigasi,” katanya.

Baca juga:  Tiga Tahun Berturut-turut Dihantam Banjir Bandang

Sebagai tindak lanjut, pihaknya Selasa ini kembali turun ke lokasi untuk melakukan survey. Hasil survey ini, akan menjadi bahan masukan bagi pihak perencana untuk pekerjaan penanganan berikutnya. “Hari ini kami mau lanjut survei lebih detail penyebab banjir dan memberi masukan ke pihak perencana untuk pekerjaan berikutnya agar kejadian serupa tidak terjadi lagi kedepannya,” ucapnya. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.