Suasana pelantikan 215 bintara menjadi prajurit TNI berpangkat Serda. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Sebanyak 215 bintara dilantik menjadi prajurit TNI Angkatan Darat (AD) aktif dengan pangkat Sersan Dua (Serda), Sabtu (13/2). Mereka sebelumnya telah menjalani pendidikan militer sejak Oktober 2020.

“Mulai saat ini kalian harus siap mengemban tugas negara dan harus siap dalam menghadapi berbagai tantangan penugasan seberat apapun,” ujar Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya, ketika membacakan amanat Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak MSc, saat bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Penutupan Pendidikan Pertama Bintara TNI AD TA 2020 di Lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana, Kediri, Tabanan.

Baca juga:  Dilarang, Disnak Bali Temukan 10 Penjual Daging Anjing di Buleleng

Pelantikan ini menjadi langkah awal bagi perjalanan karier ratusan bintara remaja tersebut sebagai prajurit TNI yang tulus ikhlas mendarmabhaktikan dirinya menjaga kedaulatan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Peralihan ini bukanlah sekadar perubahan fisik dan mental, tetapi harus ada perubahan sikap dan perilaku sebagai seorang prajurit di dalam diri. Serta dituntut harus mengerti dan memahami tugas pokok TNI AD dengan senantiasa memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI.

“Jadikan kehormatan dan kebanggaan yang kalian raih dan miliki sebagai semangat untuk memotivasi diri berbuat yang terbaik dalam pendidikan lanjutan,” tegas Pangdam dalam amanatnya.

Baca juga:  Empat Upaya Penyelundupan Narkoba Digagalkan

Ia mengingatkan, di tengah mewabahnya COVID-19 saat ini, agar tetap disiplin menjaga protokol kesehatan dengan menerapkan 3M yaitu, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, memakai masker, dan menjaga jarak aman.

Kegiatan upacara tersebut ditandai dengan pernyataan resmi penutupan pendidikan oleh Irup, penanggalan tanda siswa, pemasangan tanda pangkat, penerimaan ijazah, pengambilan sumpah prajurit, serta penandatanganan berita acara penyumpahan di hadapan Irup.

Juga dilakukan penerimaan tanda penghargaan kepada 3 siswa terbaik. Masing-masing, I Nyoman Andre Putra Nugraha yang meraih prestasi tertinggi Tri Pola Dasar Pendidikan juga di bidang pengetahuan dan keterampilan, I Gede Esa Mahendra Putra memperoleh prestasi tertinggi bidang sikap dan perilaku, dan I Gusti Ngurah Bagus Adi Yudha mendapat prestasi tertinggi bidang jasmani.

Baca juga:  Kurir Narkoba Divonis 10 Tahun Penjara

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana Brigjen TNI Hendrikus Joko Rianto, Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf SH, para Asisten Kasdam IX/Udayana, Wadanrindam IX/Udayana Kolonel Inf Sahat Monang Saragih (mewakili Danrindam IX/Udayana Kolonel Inf Joao Xavier Barreto Nunes, SE), beberapa Komandan/Kabalakdam IX/Udayana, Wadanrindam IX/Udayana, serta Ketua Persit KCK PD IX/Udayana beserta pengurus dan undangan lainnya. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *