KEGIATAN safety riding diawal tahun 2021 di mulai dengan memberikan edukasi keselamatan berkendaraan kepada 30 siswa SMKN 1 Amlapura secara online. Materi yang disampaikan sangat menarik, mengingatkan kembali pentingnya menggunakan helm dan selalu #cari_aman untuk selamat di jalan.

Kegiatan edukasi webinar secara online melalui google meet mendapat perhatian yang sangat antusias dari semua peserta yang terbukti ontime mengikuti acara dan pertanyaan yang kritis dari peserta.

Dalam materi presentasi yang dipaparkan team safety riding Astra Motor Bali, dipertegas mengenai pentingnya menggunakan helm karena salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas di tahun 2019 adalah pengguna sepeda motor diusia 14-39 tahun yang mengabaikan penggunaan helm saat dijalan raya maupun berboncengan.

Baca juga:  Disepakati, 2 SMAN akan Dibangun di Badung

Selain itu beberapa hal yang menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan diantaranya faktor manusia yang kurang memahami pengetahuan berkendara yang baik dijalan raya selain itu teknik-teknik saat dijalan raya menjadi salah satu hal penting yang perlu mendapat perhatian. Kondisi Kesehatan pengemudi juga tidak boleh diabaikan serta bagaimana si pengendara dapat mengendalikan emosi ketika mengemudi kendaraan bermotor karena memerlukan konsentrasi yang tinggi serta etika berlalu lintas.
Kondisi kendaran juga menjadi salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan, yakni selalu melakukan perawatan berkala dan tidak melakukan modifikasi yang berlebihan.

Selanjutnya faktor lingkungan juga menjadi salah satu yang mendapat perhatian seperti cuaca, kondisi jalan dan juga pengguna jalan lain. Dari faktor tersebut diatas, dominan terjadinya kecelakaan adalah dari faktor manusia, untuk itu beberapa hal penting yang dipaparkan terkait perlengkapan berkendaraan yang wajib diperhatikan diantaranya perlindungan kepala yakni helm yang berfungsi dapat mengurangi dampak negatif saat terjadi benturan.

Baca juga:  Dalam Pengaruh Miras, Siswa asal Papua Meninggal Saat Kecelakaan

Selain itu perlunya jaket, celana Panjang, sarung tangan sebagai salah satu mencegah tubuh kontak langsung dengan jalan sehingga mengurangi efek negatif benturan.
Pemeriksaan kendaraan secara rutin dengan cara service di AHASS menjadi salah satu upaya untuk menjaga performa kendaraan untuk menghindari terjadinya sesuatu dijalan raya. Dan poin yang perlu dicek adalah bahan bakar, oli, rantai, ban, kopling, rem, lampu, battery, radiator, spion.

Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi mengatakan, sebagai pelopor keselamatan dalam berkendara, Honda selalu berkomitmen untuk melakukan edukasi melalui beragam inovasi dalam menyampaikan materi yang sejalan dengan kampanye #cari_aman serta mendukung pemerintah dalam mengajak para peserta untuk tetap menjaga kesehatan dengan menjaga protokol kesehatan saat berkendara.

Baca juga:  Hanya di Astra Motor, Beli Motor Dapat Gaspol

“Dalam materi webinar ini perlunya edukasi tentang tehnik berkendara diantaranya tehnik pengereman, tehnik menikung dan perlengkapan yang wajib digunakan saat berkendara dijalan raya serta di ingatkan Kembali, jangan lupa menggunakan helm dan jaket agar selalu #Cari_Aman,“ ungkap Iswahyudi. Webinar ini juga dikemas dengan games dan hadiah menarik untuk peserta yang aktif dan mengikuti quiz. (kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *