Tangkapan layar peta sebaran kasus COVID-19 di Bali. (BP/kmb)

DENPASAR, BALIPOST.com – Dalam dua hari terakhir, pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) dan warga dari kabupaten lain mengalami kenaikan dilihat dari jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19. Angka yang biasanya ada di bawah 5 orang, pada dua hari ini melonjak hingga belasan bahkan pada Selasa (5/1), jumlahnya mencapai puluhan orang.

Dari data Satgas Penanganan COVID-19 Bali, terjadi kenaikan sebanyak 167 kasus pada hari ini. PPDN mencatatkan tambahan 17 orang sehingga kumulatif kasusnya mencapai 264 orang.

Sementara itu, pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) bertambah 1 orang. Kumulatif kasusnya mencapai 308 orang.

Kasus transmisi lokal paling banyak mencatatkan tambahan, yakni 149 orang. Kumulatif transmisi lokal menjadi 17.843 orang.

Baca juga:  Cegah COVID-19 di Tempat Pelayanan, Ini Dilakukan Ditlantas

Sebaran kasus baru terdapat di seluruh kabupaten/kota. Untuk penyumbang terbanyaknya didominasi 5 kabupaten/kota. Terbanyak disumbangkan Denpasar dengan jumlah 50 orang.

Penyumbang kedua terbanyak adalah Tabanan dengan 34 kasus, disusul Gianyar sebanyak 17 orang di posisi ketiga. Posisi keempat adalah Bangli yang mengalami lonjakan kasus sebanyak 15 orang. Posisi kelima dipegang Badung dengan tambahan 13 kasus.

Untuk empat kabupaten lainnya melaporkan tambahan di bawah 10 orang. Rinciannya Buleleng 9 orang, Klungkung 5 orang, Jembrana dan Karangasem sama-sama mencatatkan tambahan 1 orang.

Juga terdapat 21 orang dari kabupaten lain dan 1 WNA terkonfirmasi COVID-19.

Pasien Sembuh

Baca juga:  TPS di Buleleng Ini, Seluruh Petugasnya Perempuan dan Bernuansa Hari Valentine

Pada hari ini terdapat pula tambahan 110 pasien COVID-19 yang sembuh. Kumulatif kasus sembuh mencapai 16.680 orang.

Seluruh kabupaten melaporkan kasus sembuh baru. Pasien sembuh terbanyak dilaporkan Gianyar dengan jumlah 41 orang. Kemudian Denpasar sebanyak 29 orang. Posisi ketiga adalah Badung melaporkan kasus sembuh baru sebanyak 17 orang.

Posisi keempat adalah Tabanan sebanyak 8 orang. Di posisi kelima adalah Buleleng yang melaporkan tambahan pasien sembuh 7 orang.

Sebanyak 4 kabupaten melaporkan tambahan pasien sembuh di bawah 5 orang. Yakni Jembrana 4 orang, Klungkung 2 orang, Bangli dan Karangasem sama-sama bertambah 1 pasien sembuh.

Kasus Aktif

Kasus aktif kini berjumlah 1.195 orang. Denpasar kini duduk di posisi pertama dengan kasus aktif sebanyak 304 orang. Badung di posisi kedua dengan 290 orang. Tabanan menggeser Gianyar di posisi ketiga dengan 192 kasus aktif.

Baca juga:  Dua Pria Asal Situbondo Tenggelam di Eks Galian C, Ditemukan Tak Bernyawa

Gianyar turun ke posisi keempat dengan 161 kasus aktif. Kemudian posisi kelima adalah Jembrana karena masih memiliki pasien sebanyak 66 orang.

Posisi keenam adalah Karangasem dengan 41 pasien. Posisi ketujuh adalah Buleleng yang masih mempunyai 33 pasien.

Posisi kedelapan ditempati Klungkung dengan jumlah kasus 31 orang. Posisi kesembilan adalah Bangli dengan 24 kasus.

Masih ada 50 pasien dari kabupaten lain dan 3 WNA yang juga menjalani perawatan. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *