kintamani
Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Gempabumi tak hanya mengguncang Badung. Selang beberapa jam, Karangasem juga dilanda gempabumi.

Pada Jumat (25/12), tepat saat umat Nasrani merayakan Natal, sekitar pukul 00.09.48 WITA, Karangasem diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,6.

Episenter terletak pada koordinat 8,22 LS dan 115,61 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 17 km Timur Laut Karangasem, pada kedalaman 10 km. “Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat sesar aktif,” jelas Plt Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Drs. M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS.

Baca juga:  Khawatir Dijadikan Lokasi Mesum, Tenda di Ulakan Disarankan Dibongkar

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Karangasem II – III MMI. Yaitu getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan digantung bergoyang hingga getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

“Hingga pukul 00.30 WITA, hasil monitoring BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan,” ujarnya. (Winatha/balipost)

BAGIKAN

1 KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.