Suasana pertandingan bulu tangkis di GOR Praja, Kwanji, Dalung. (BP/Nel)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Tercatat 549 pebulu tangkis dari berbagai kategori usia mengikuti kejuaraan bulu tangkis ‘Sarawijaya Dana Mandiri Cup I/2020’ di GOR Praja, Kwanji, Dalung, 16-20 Desember. Para peserta berasal dari 33 klub se-Bali, dari Kota Denpasar dan seluruh kabupaten di Bali, termasuk Mataram, NTB.

Ketua Panpel Ni Putu Desiana Ratna Dewi, di sela-sela kejuaraan, Minggu (20/12) menuturkan, kejuaraan ini digelar di saat pandemi covid-19, dan tak disangka pesertanya membludak. Mereka yang berlaga dari berbagai kategori, mulai pra usia dini (U-9), usia dini (U-11), anak (U-13), pemula (U-15), remaja (U-17), dan taruna (U-19).

Baca juga:  Pebulu Tangkis PON Tetap Berlatih

Putu Desiana menegaskan, meskipun kejuaraan ini digelar bertepatan wabah virus corona, justru pesertanya membludak. Maklum, hampir selama 2020 ini vakum turnamen bulu tangkis. “Kendati demikian, kami tetap memberlakukan protokol kesehatan secara ketat,” tandasnya.

Dia mencontohkan, bagi atlet yang bertanding hanya didampingi seorang pelatih, berikut seorang lagi pendamping. “Jadi, penonton di dalam GOR sangat terbatas, sehingga tidak terjadi kerumunan massa,” ujarnya. Selain itu, pendamping wajib memakai masker, rajin mencuci tangan, dan selama turnamen ini dijaga ketat empat Satgas covid-19. “Bagi peserta dari luar Bali seperti Mataram wajib menjalani tes rapid,” terangnya.

Baca juga:  Karangasem dan Denpasar Juara Panjat Tebing di Margarana

Ia menerangkan, turnamen ini digelar bertujuan menjaring atlet berbakat dan bertalenta di usia muda. Khusus bagi juara tunggal putra dan putri, kelompok pemula dan remaja, akan dibiayai guna berlaga ke event nasional. “Saya sendiri mantan pebulu tangkis, bahkan hingga kini masih hobi bermain bulu tangkis,” jelas Putu Desiana.

Disisi lain, Ketua Umum Pengkab PBSI Buleleng Gede Darmawan menuturkan, pihaknya salut atas terselenggaranya event ini, sebab diadakan bertepatan pandemi covid-19. Menurut Darmawan, pihaknya menjaring 19 atlet binaan, terdiri atas putra (12) dan putri (7), yang dibina PBSI Buleleng. “Kami menerjunkan 12 atlet binaan PBSI Buleleng pada event ini, plus dua atlet sedang berlaga mengikuti turnamen di Surabaya,” kata dia. Sementara, total atlet Buleleng yang turun pada event ini 20 pebulu tangkis, dan seluruhnya berasal dari klub Menang Kalah Sehat (MKS) Singaraja. (Daniel Fajry/Balipost)

Baca juga:  Pebulu Tangkis Komang Ayu Belum Gabung TC Sentralisasi
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *