DENPASAR, BALIPOST.com – Pabrik Danone-AQUA Mambal, Bali kembali menerima Anugerah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) Kategori Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Anugerah PROPER Emas tersebut diserahkan secara langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya M.Sc. kepada perwakilan Pabrik AQUA Mambal disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin yang bertempat di Auditorium Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat.

Untuk periode 2019-2020, selain Pabrik AQUA Mambal yang memperoleh PROPER Emas, terdapat 5 pabrik AQUA lainnya yang menerima anugerah PROPER HIJAU yaitu, Pabrik AQUA Mekarsari, Pabrik AQUA Ciherang, Pabrik AQUA Subang, Pabrik AQUA Babakanpari, dan Pabrik AQUA Cianjur.

Baca juga:  Bupati Giri Prasta Hadiri Upacara “Madiksa” di Kalibukbuk

Joshua Prajoga, Direktur Operasional Regional 4 Danone-AQUA yang menerima Anugerah PROPER Emas untuk Pabrik AQUA Mambal menjelaskan bahwa PROPER telah membantu perusahaan dalam mengembangkan program pemberdayaan masyarakat, sehingga menjadi lebih terukur dan berorientasi pada dampak yang dihasilkan. “PROPER melatih industri untuk lebih tertib adminsitrasi dan semakin transparan, hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk melakukan Good Corporate Governance,” ujar Joshua dalam rilisnya.

Inisiatif keberlanjutan Danone di Indonesia pada tahun 2019-2020 tercatat telah berhasil menjangkau total 133.618 penerima manfaat dari 10 pabrik AQUA yang mengikuti PROPER. Dengan adanya tantangan pandemik Covid-19 pada 2020 ini, beberapa program Danone-AQUA di berbagai daerah telah mengalami modifikasi dengan memfokuskan inisiatif keberlanjutannya dengan mendukung usaha pemerintah untuk menanggulangi dampak Covid 19 di Indonesia.

Baca juga:  Dua Tahun Rehat, Bali's Biggest Clean Up Kembali Digelar

Bersama dengan mitra dan berbagai pemangku kepentingan terkait, Danone-AQUA menciptakan berbagai terobosan melalui program pemberdayaan masyarakat. Program-program tersebut dirancang dan diimplementasikan sehingga mampu memberikan kontribusi positif bagi ekonomi, terutama bagi komunitas yang terdampak, dan rawan terdampak, akibat kondisi pandemi saat ini.

Secara garis besar Pabrik AQUA Mambal telah berhasil mengatasi 3 permasalahan utama sebagai landasan dijalankannya program-program CSR pada 2020, yakni tingginya jumlah sampah plastik, tingginya alih guna lahan untuk daerah wisata. Alih-alih karena di saat COVID-19 ini, tingginya alih guna lahan menjadi daerah wisata, menyebabkan para pemilik usaha mengalami penurunan pendapatan, karena jumlah wisatawan yang menurun.

Baca juga:  Deputi Kemenpan RB Tinjau Inovasi E-Form BPKB

Dalam mengatasi jumlah sampah plastik, Pabrik AQUA Mambal dinilai berhasil dalam menerapkan inisiatif pengemasan (packaging) yang sudah fully circular.

“Merupakan sebuah kebanggaan bagi Danone-AQUA dapat menjadi salah satu perusahaan yang secara berkala dinilai melalui PROPER dan berhasil meraih apresiasi PROPER Emas dan Hijau. Semoga hal ini dapat menginspirasi perusahaan dan pemangku kepentingan lainnya untuk semakin memperkuat kolaborasi dan membangun industri yang lebih baik lagi bagi lingkungan kita,” tutup Joshua. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *