Ilustrasi Pemilu. (BP/dokumen)

NEGARA, BALIPOST.com – Paket nomor urut 02 I Nengah Tamba-I Gede Ngurah Patriana Krisna (paslon Tepat), dari hasil sementara unggul di empat Kecamatan. Keunggulan ini dicapai dari total lima Kecamatan di Jembrana.

Dari data yang dihimpun, paslon Tepat unggul di Kecamatan Negara, Kecamatan Jembrana, Kecamatan Mendoyo dan Kecamatan Melaya. Sedangkan kecamatan Pekutatan, paslon Bangsa sementara unggul suara.

Masing-masing paslon di tiap desa/kelurahan memiliki suara dan saling unggul tipis. Secara total mencapai 52 persen suara diraih paslon Tepat. Sedangkan paslon Bangsa yang diusung PDIP di kisaran 47,8 persen.

Baca juga:  Paslon Diminta Bersihkan APK dan BPK Tepat Waktu

Di Kecamatan Negara, paslon 2 unggul hampir 55 persen, disusul Jembrana dan Mendoyo unggul 52 persen. Sedangkan Kecamatan Melaya unggul tipis hampir 51 persen. Di Pekutatan, Bangsa unggul suara sampai 57 persen. Jumlah suara ini merupakan hasil sementara.

Ketua KPU Jembrana, I Ketut Gde Tangkas Sudiantara mengatakan secara umum pelaksanaan Pilkada berjalan lancar. Tangkas mengimbau kepada masyarakat untuk hasil Pilkada yang resmi adalah dari rekap Kecamatan nantinya. “Kami tegaskan hasil resmi nanti menunggu rekap kecamatan dan kabupaten,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Jembrana mengatakan dari pengamatan selama proses pemungutan, berjalan lancar. Namun yang menjadi catatan adalah terkait penerapan TPS belum sesuai standar berkaitan dengan prokes.

Baca juga:  Cegah Kelangkaan LPG Selama Perhelatan IMF

Misalnya luas ruangan TPS yang terlalu sempit. Di beberapa titik masih ada kekurangan surat suara dan pengawas TPS tidak mendapatkan salinan DPT. “Tetapi kita sudah melakukan koreksi langsung dan ditindaklanjuti. Secara umum pelanggaran tidak ada yang substansial,” ujarnya.

Di sisi lain, Di TPS kandang masing-masing paslon baik Bangsa (kembang-sugiasa) maupun Tepat (Tamba-Ipat) menang telak. Di TPS Kembang Hartawan, TPS 01, Bangsa menang 300 suara sedangkan paket Tepat 57 suara. Disusul di TPS 9 Pemedilan, Dauhwaru, Kembang-Sugiasa menang telak dengan suara 290 suara. Sedangkan Tepat mendapat 72 suara.

Baca juga:  Selasa Sore, KPU Tetapkan Paslon Terpilih

TPS Tamba yakni TPS 010 Peh, Kaliakah, Tamba Ipat menang telak. Paslon 1 mendapat suara 60, paslon 2, 339 suara. Sedangkan suara tidak sah 1.

Begitu halnya di TPS 06 Kelurahan Tegalcangkring, lokasi Patriana Krisna mencoblos dari total suara 322. Paket 1 Bangsa, meraih 61 suara. Paket Tamba Ipat 261 suara dan suara tidak sah 4. (Surya Dharma/bpalipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.