Ilustrasi. (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Hasil hitung cepat terkait Pilbup Bangli sudah mendekati 100 persen, Rabu (9/12). Pasangan calon bupati dan wakil bupati Bangli nomor urut 2 Sang Nyoman Sedana Arta-I Wayan Diar (Sadia) unggul sementara.

Berdasarkan data real count timses Sadia Kabupaten Bangli yang dihimpun Rabu sore, dengan data masuk 99 persen, pasangan Sadia unggul di tiga kecamatan yakni Susut, Tembuku dan Bangli. Di Kecamatan Susut Sadia mampu meraup 21.864 suara. Sedangkan paslon nomor urut satu I Made Subrata -Ngakan Kutha Parwata (Bagus) hanya mendapat 8.595 suara.

Baca juga:  Sehari Dipasang, Baliho Paslon Pilgub Dirusak Orang Tak Dikenal

Di Kecamatan Tembuku, Sadia memperoleh 15.081 suara, sedangkan Bagus hanya 11.648. Di Kecamatan Bangli, Sadia unggul dengan perolehan suara 19.732 sedangkan Bagus hanya 12.060 suara. Untuk di Kecamatan Kintamani, Sadia hanya mendapat 30.570 suara. Sedangkan paslon Bagus lebih unggul dengan perolehan 31.601 suara.

Ketua Tim Pemenangan paslon Sadia, I Nyoman Budiutama mengakui perolehan suara Sadia untuk di Kecamatan Kintamani lebih kecil dibandingkan Bagus. Namun menurutnya selisihnya tidak banyak, hanya seribuan suara.

Jelasnya, proses penghitungan perolehan suara diawali dari pengiriman C Plano oleh saksi di TPS ke kordinator desa (kordes). Selanjutnya Kordes mengirim ke operator di DPC untuk kemudian di-input.

Baca juga:  Liburan di Bali, Pasutri Singapura Jadi Korban Kejahatan

Budiutama meyakini hasil real count perolehan suara sementara dengan data masuk 99 persen, tidak akan berbeda jauh dengan hasil real count akhir nanti. “Rasanya tetap akan bertahan karena suara besar di Kintamani sudah masuk semua,” terangnya.

Politisi asal Susut itu mengatakan bahwa dengan perolehan suara sementara Sadia 57,72 persen, itu sesuai dengan target kemenangan. “Ini adalah kemenangan masyarakat Bangli,” ujarnya.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada partai pengusung, partai pendukung dan petugas partai baik di dewan, di tingkat anak ranting dan partai-partai politik lainnya yang sudah ikut bergerak memenangkan Sadia. Budiutama menghimbau para pendukung Sadia agar jangan bereuforia berlebihan atas perolehan suara sementara ini.

Baca juga:  Hadiri Deklarasi Paslon, Empat Perbekel Terbukti Melanggar UU Desa

Terpisah, Ketua Tim Pemenangan Paket Bagus I Wayan Gunawan dikonfirmasi mengaku bahwa pihaknya masih melakukan proses penghitungan perolehan suara. Setelah selesai, pihaknya menyatakan akan merilisnya.

Mengenai hasil hitungan paket lawan, Gunawan enggan memberikan tanggapan. “Nanti hasil quick count kami juga akan kami rilis. Sabar dulu ya,” tandasnya. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *