Kantor Dinas dukcapil Jembrana tetap membuka layanan khusus KTP-el hingga pencoblosan untuk memperlancar calon pemilih. (BP/Olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Pelayanan untuk KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jembrana, tetap dibuka pada saat pemungutan suara Pilkada Jembrana 2020, Rabu (9/12). Upaya ini untuk mengantisipasi calon pemilih yang sudah masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) namun belum merekam atau memiliki KPT-elektronik.

Pelayanan rekam data dan cetak KTP-El ini sebelumnya juga dibuka pada masa tenang yang masuk di akhir pekan (hari libur) pada Sabtu (5/12) dan Minggu (6/12) lalu. Kepala Dinas Dukcapil Jembrana, I Gusti Anom Saputra, Selasa (8/12) mengatakan, selama sepekan penuh sebelum hari pencoblosan pelayanan KTP elektronik tetap dibuka. “Kita siapkan sembilan petugas setiap hari, untuk perekaman maupun cetak KTP elektronik. Termasuk di hari-hari libur seperti akhir pekan kemarin sampai Rabu besok,” terangnya.

Baca juga:  Jelang Pilkada 2020, Polda Undang Komunitas Peduli Pemilu

Sejauh ini menurutnya cukup banyak calon pemilih yang masuk DPT datang mengurus KTP elektronik mereka di Kantor Dukcapil. “Untuk pencetakan memang sampai kemarin saja. Untuk warga yang mengurus hari ini (Selasa) sampai besok, kita keluarkan surat keterangan (suket). Antisipasi agar bisa digunakan besok (pencoblosan),” tandasnya.

Sebab untuk langsung cetak memerlukan waktu dan antisipasi untuk bisa manunggalkan data. Selama libur akhir pekan menurutnya ada puluhan warga yang mengurus KTP EL. Mereka sebagian besar merupakan calon pmilih yang masuk DPT tetapi belum memiliki KTP-el.

Baca juga:  Pemilih di Jembrana 235.284 Orang

Upaya ini menurutnya untuk mendukung dan mensukseskan Pilkada Jembrana 2020. Dengan tertib administrasi kependudukan, pelayanan lainnya akan menjadi lancar. (Surya Dharma/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.