460 siswa ikuti Pendidikan Tamtama Pertama. (BP/Istimewa)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Sebanyak 460 siswa mengikuti Pendidikan Tamtama Pertama di Secata Rindam IX/Udayana. Ratusan siswa asal Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Flores, Sumbawa, dan Provinsi Bali itu mengikuti Upacara Pembukaan Pendidikan Pertama Tamtama TNI Angkatan Darat Gelombang II Tahun 2020, Senin (23/11). Selama 5 bulan penuh, para siswa ini mengikuti pendidikan sekaligus merubah status dari kehidupan sipil menjadi militer.

Upacara dipimpin Komandan Rindam (Danrindam) IX/Udayana Kolonel Infantri Joao Xavier Barreto Nunes, mewakili Pangdam IX/Udayana Mayor Jendral (Mayjen) Kurnia Dewantara.
Dalam amanat tertulisnya Pangdam Kurnia Dewantara mengatakan, pendidikan yang dijalani ratusan siswa ini adalah pembentukan dasar keprajuritan yang akan mengubah status para siswa dari kehidupan masyarakat biasa (sipil-red) menjadi kehidupan militer.

Baca juga:  Sejak Awal Oktober, BPBD Catat Ada 6 Kasus Lahan Terbakar

Memasuki kehidupan baru dilingkungan militer ada perbedaan mendasar dibandingkan di kehidupan sipil sebelumnya. “Jangan merasa kaget dan takut dengan adanya peraturan yang harus dipatuhi dan dijunjung tinggi di lembaga pendidikan ini,” katanya.

Untuk itu, Pangdam mengajak semua siswa mengikuti petunjuk dan perintah dari pelatih. Selain itu, para siswa dituntut memperhatikan semua materi yang diajarkan baik dalam kegiatan fisik maupun pembentukan mental serta latihan taktik maupun teknik dasar keprajuritan. “Materi yang diikuti dalam pendidikan ini sangat membantu kalian dalam rangka penyesuaian diri menjadi seorang prajurit TNI yang tangguh dan profesional,” tegasnya. (Mudiarta/balipost)

Baca juga:  Mulai 2019, KPK Lakukan Tugas Penindakan di Bali
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *