Para peserta kursus pelatih lisensi D sedang praktik di Lapangan Kapten Japa, Desa Kertalangu. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tercatat 28 pelatih dari klub anggota Perseden Denpasar, mengikuti kursus pelatih sepak bola lisensi D, di Denpasar, 16-22 November. Mereka ini diberi materi pengetahuan dasar tentang teknik bermain sepak bola, yang diberikan instruktur Wolf Gang Pikal dibantu dua asisten yakni Wayan Sukadana dan Komang Mariawan.

Sukadana, di Denpasar, Kamis (19/11) menegaskan, para peserta sejak pagi langsung melakukan praktik di Lapangan Kapten Japa, mulai pukul 07.00-09.00. Selanjutnya, para peserta mengikuti materi teori di Hotel Guntur, mulai pukul 10.00-14.00.

Baca juga:  Puluhan Oknum Tentara Diproses Kasus Desersi

“Acara berikutnya, para peserta kursus kembali praktik di Lapangan Kapten Japa, Desa Kertalangu, mulai pukul 15.00 hingga pukul 18.00,” tutur Sukadana.

Menurut dia, para peserta berasal dari klub anggota Perseden Denpasar, seperti Damar Cakti, Wisnu Putra (Wistra), Putra Kesiman, Kesiman Kertalangu, Pegok dan Pors Sanur. “Kursus berakhir sampai dengan Sabtu (22/11), sedangkan penutupan dilakukan Minggu (23/11),” jelas Sukadana.

Ia menegaskan, para peserta diharapkan mampu memiliki ilmu dasar kepelatihan, sehingga ke depan berhak menangani timnya masing-masing. “Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan kompetisi internal, masih banyak ditemukan pelatih yang belum mengantongi lisensi,” ujarnya.

Baca juga:  Ini Alasannya, Jadwal Ngaben Massal di Timbrah Dimajukan Setahun

Oleh sebab itu, melalui kursus ini diharapkan mereka sudah mengetahui teknik dasar bermain bola. “Kami berharap usai pelaksanaan kursus, mereka ini berhak menangani kesebelasan asuhannya,” kata dia.

Tak cuma itu, Sukadana juga menggarisbawahi pasca pelaksanaan kursus, tetap diagendakan pertemuan rutin minimal sebulan sekali. Tujuannya, untuk saling bertukar pikiran antarpelatih, termasuk memecahkan segala permasalahan yang terjadi di lapangan hijau.

Untuk itu, lanjut Sukadana, para peserta kursus ini diberi kesempatan menangani timnya pada kompetisi internal tahun depan. Bahkan, mereka juga bisa mendampingi tim Piala Soeratin mulai U-17, U-15 dan U-13. (Daniel Fajry/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.