Made Rentin mewakili Gubernur Bali, Wayan Koster menerima penghargaan. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Gubernur Bali menerima penghargaan dari BNPB atas kontribusinya dalam pengurangan risiko bencana di Provinsi Bali yang telah dijalankan selama ini. Penghargaan diserahkan dalam puncak Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana yang digelar di Gedung BNPB, Selasa (13/10).

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali, I Made Rentin hadir dalam acara tersebut untuk mewakili Gubernur menerima penghargaan yang diserahkan Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Ir. Harmensyah, Dipl. SE, M.M. “Aksi nyata pengurangan risiko bencana di Bali antara lain lewat kegiatan Sertifikasi Kesiapsiagaan Dunia Usaha, dan Hari Simulasi Bencana tiap tanggal 26, tiap bulan,” ujar Rentin dikonfirmasi via telepon.

Baca juga:  Telah Keluar, Hasil Tes Pasien Observasi Corona di RSUP Sanglah

Menurut Rentin, sertifikasi kesiapsiagaan bencana dunia usaha telah dilaksanakan sejak 2014 di 64 dunia usaha. Diantaranya, hotel, restaurant, rumah sakit dan museum. Antardunia usaha pariwisata saling bekerjasama untuk menentukan Tempat Evakuasi Sementara (TES) di wilayah hotel atau dunia usaha.

Khusus hotel tangguh bencana, didukung pula oleh masyarakat sekitarnya yang juga tangguh. Di sisi lain, Bali juga melakukan pengelolaan peringatan dini tsunami.

Baca juga:  Gepeng Ini Kehilangan Cucunya Saat Dijaring Satpol PP

Penghargaan dalam rangka peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) rutin dilaksanakan setiap tahun pada Oktober. Tahun ini tema peringatan Bulan PRB adalah “Daerah Punya Aksi Pengurangan Resiko Bencana.” Selain Gubernur Provinsi Bali, penghargaan yang sama juga diberikan kepada Gubernur Provinsi Jawa Tengah dan Gubernur Provinsi Bangka Belitung. (Rindra Devita/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *