Tangkapan layar peta risiko penyebaran COVID-19. (BP/kmb)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Rabu (7/10), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Zona Merah di Bali Tetap Dua, Data Terbaru Daerahnya Kembali Berbeda

DENPASAR, BALIPOST.com – Zona merah penyebaran risiko COVID-19 di Bali belum bergeser dari dua minggu sebelumnya. Masih ada dua daerah yang dinilai memiliki risiko tinggi penyebaran COVID-19 berdasarkan evaluasi mingguan per 4 Oktober.

Dilihat dari https://covid19.go.id/peta-risiko, dua daerah yang dianggap memiliki risiko tinggi ini kembali berbeda dari minggu sebelumnya. Untuk minggu ini, daerah yang zonanya merah adalah Tabanan dan Denpasar. Sementara sisa 7 kabupaten, yakni Jembrana, Gianyar, Badung, Buleleng, Karangasem, Klungkung, dan Bangli masuk dalam zona orange.

Baca juga:  Antisipasi Wabah Covid-19, Klungkung Belum Gunakan Dana Tak Terduga

Selengkapnya baca di sini

2. Sudah Buat Rekening, Dua Perajin Calon Penerima Bantuan Tiba-tiba Dicoret dan Diganti

BANGLI, BALIPOST.com – Dua perajin di Desa Undisan, Tembuku mempertanyakan namanya yang tiba-tiba hilang dari dari daftar penerima bantuan stimulus UMKM terdampak Covid-19 saat akan melakukan pencairan bantuan di bank. Padahal keduanya sebelumnya telah dinyatakan lolos sebagai penerima bantuan hingga diminta membuat rekening di Bank.

Kedua perajin itu yakni Ni Nyoman Sri Astini Saputri dan Komang Juliastini. Untuk bisa mendapat bantuan stimulus dari pemerintah, kedua awalnya mengajukan proposal.

Selengkapnya baca di sini

3. Hotel Karantina OTG Dikeluhkan Karena Berhantu, Ini Dilakukan Pemda Gianyar

GIANYAR, BALIPOST.com – Hotel tempat karantina bagi orang tanpa gejala (OTG) COVID-19 banyak dikeluhkan karena adanya penampakan mahluk gaib alias hantu. Kondisi ini diduga terjadi karena belum pernah dilakukan upacara penetralisir, pada hotel yang berlokasi di seputaran Desa Mas, Kecamatan Ubud itu.

Baca juga:  Nusa Penida Jadi Prioritas Nasional, Pemkab Klungkung Jalin Kerjasama dengan Pemerintah Kanada

Pemda Gianyar pun berupaya melakukan netralisir dengan mendatangkan jro mangku. Digelar upacara menetralisir kekuatan gaib di hotel tersebut pada Selasa (6/10).

Selengkapnya baca di sini

4. Gubernur Pastikan Uji Coba Vaksin di Bali

DENPASAR, BALIPOST.com – Gubernur Bali Wayan Koster membenarkan rencana pemerintah pusat menjadikan Bali khususnya Badung sebagai salah satu lokasi simulasi penyuntikan vaksin COVID-19. Menurutnya, rencana tersebut merupakan kebijakan Menteri Kesehatan sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo.

“Itu kebijakan Bapak Menteri Kesehatan, yang mulai melakukan uji coba vaksin di beberapa daerah di Indonesia. Bapak Presiden sangat cinta Bali, jadi arahannya satu dilaksanakan di Bali,” ujarnya disela-sela menyerahkan tambahan bantuan dana desa adat secara simbolis di Jayasabha, Denpasar, Rabu (7/10).

Baca juga:  Asap Terus Keluar dari Kawah Gunung Agung, Mulai Sedikit Tebal

Selengkapnya baca di sini

5. Dianggap Minim Terdampak COVID-19, Bali Didorong Kembangkan 3 Sektor Ini

DENPASAR, BALIPOST.com – Sektor pariwisata sebagai penopang ekonomi Bali makin terpuruk akibat dampak dari pandemi Covid-19. Lumpuhnya pariwisata Bali turut menyeret lapangan usaha lain dan komponen pengeluaran, sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi Bali triwulan II 2020 yaitu -10,98 persen (yoy).

Agar ekonomi Bali tidak berlarut-larut terpuruk, Bank Indonesia dan Ditjen Perbendaharan Bali mendorong pemerintah daerah untuk mengembangkan sektor yang minim terdampak Covid-19. Ada tiga sektor yang dinilai minim terdampak, yaitu perikanan, peternakan dan pertanian.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.