Petugas Pemadam kebakaran dibantu warga dan polisi saat memadamkan api di bagunan Palinggih Gedong Pura Dalem. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Peristiwa kebakaran terjadi pada Kamis (1/10). Sebuah bagunan Palinggih Gedong Pura Dalem yang berlokasi di Banjar Dinas Tumbu Kelod, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem terbakar.

Akibat peristiwa itu, kerugiaan material yang dialami mencapai ratusan juta rupiah. Selain itu, juga terjadi kebakaran rumah milik warga di Abang.

Kadis Damkar Karangasem, I Nyoman Tari mengatakan, peristiwa kebakaran gedong palinggih Pura Dalem itu terjadi sekitar pukul 15.30 Wita. “Sebelum kebakaran palinggih, lebih dulu terjadinya kebakaran lahan seluas tujuh are. Karena api membesar maka melalap bangunan palinggih yang ada didekat lahan yang terbakar. Penyebab kebakaran karen ada warga yang membakar sampah,” Ucapnya.

Baca juga:  Sisa Bara Api Tak Dimatikan, Dapur Terbakar

Tari menambahkan, untuk memadamkan kobaran api, pihaknya menerjunkan sejumlah anggota ke lokasi. Sementara, untuk memadamkan api pihaknya mendisttibusikan 15 ribu liter air lewat empat mobil armada. “Kita terjunkan 13 personil untuk proses pemadaman api. Api baru bisa dipadamkan sekitar satu jam. Akibat kejadian itu, kerugian materiil yang ditimbukan kurang lebih mencapai sekitar 250 juta rupiah,” katanya.

Selain peristiwa kebakaran lahan dan palinggih, peristiwa kebakaran rumah warga juga terjadi di Banjar Banyuning, Desa Bunutan, Kecamatan Abang. “Rumah warga ludes terbakar. Pemicu kebakaran diduga akibat korlesting listrik. Untuk kerugian materiil yang dialami pemilik rupah diperkirakan mencapai Rp 300 juta,” jelas Tari. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.