Robot pendetekasi masker. (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Di tengah pandemi COVID-19, sejumlah upaya pencegahan makin gencar dilakukan. Sejumlah insinyur asal Prancis, misalnya, telah mengembangkan robot yang dapat mendeteksi apakah orang-orang mengenakan masker, sebagai bagian dari langkah penyebaran COVID-19.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, jika orang dideteksi tidak menggunakan masker, robot tersebut akan dengan sopan mengingatkan mereka untuk menggunakannya. Robot tersebut bernama Pepper, memiliki tinggi 120cm dengan tampilan mirip manusia yang sudah beroperasi di sejumlah negara untuk menyambut pengunjung yang datang ke toko, pameran dan ruang publik lainnya.

Baca juga:  15 ODP Jalani Rapid Test di Klungkung, Hasilnya Misterius

Kamera Pepper memindai wajah orang yang mendekatinya, dan jika terdeteksi bagian bawah wajah orang tidak tertutup, dia akan mengucapkan kalimat: “Anda harus selalu memakai masker dengan benar.”

Jika terlihat pengunjung kemudian memakai masker, robot tersebut akan mengucapkan kalimat: “Terima kasih telah memakai masker Anda.”

Ide dari dibuatnya robot tersebut bukan seperti polisi yang menegur orang-orang yang tidak memakai masker, namun untuk memberikan pengingat yang ramah, menurut Jonathan Boiria, kepala penjualan di Eropa untuk Softbank Robotics, perusahaan yang memproduksi Pepper.

Baca juga:  Penyebab Orang Menjadi Sakit Setelah Kehujanan

“Toko-toko harus menempatkan orang di pintu masuk, banyak orang, untuk memastikan penggunaan masker, dan kadang-kadang itu sulit,” ujar Boiria kepada Reuters.

“Sebuah robot memungkinkan Anda meringankan tugas beberapa orang sehingga mereka dapat fokus pada tugas normal mereka.” (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.