Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin (tengah) didampingi Ketua DPR Puan Maharani (kedua kiri) meninggalkan ruangan seusai menyampaikan pidato pengantar RUU APBN tahun anggaran 2021 beserta nota keuangannya pada masa persidangan I DPR tahun 2020-2021 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci dibacakan Presiden Joko Widodo, Senin (17/8) pada pukul 00.00 WIB. Presiden bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam acara yang digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata itu.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, dalam naskah yang dibacakan Presiden itu dijelaskan bahwa dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-75, seluruh pihak yang hadir di TMP Kalibata, bertujuan mengenang arwah dan jasa pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Baca juga:  Jelang IMF-World Bank Annual Meeting, Menkeu Sebut Persiapan 94 Persen

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan pahlawan yang bersemayam di TMP Kalibata yakni dari unsur TNI/Polri sebanyak 9.131 pahlawan, Badan Perjuangan 877 pahlawan, tokoh nasional 51 pahlawan, dan tidak dikenal 43 pahlawan. “Jumlahnya 10.102 pahlawan,” ujar Presiden.

Presiden mengatakan penghormatan juga diberikan kepada para pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya, di kota-kota, dusun-dusun, lereng-lereng gunung, lembah-lembah ngarai, dan di dasar-dasar lautan. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.