Bupati Artha menerima penghargaan dari BPS terkait partisipasi sensus penduduk online. (BP/Ist)

NEGARA, BALIPOST.com – Tingkat partisipasi Sensus Penduduk Online (SPO) 2020 yang tinggi di Kabupaten Jembrana mendapat apresiasi dari BPS (Badan Pusat Statistik). Kabupaten Jembrana menorehkan angka partisipasi masyarakat sebanyak 109.147 jiwa atau 38,93 persen dari estimasi total jumlah penduduk 280.396.

Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala BPS Jembrana Kadek Muriadi Wirawan Kepada Bupati Jembrana I Putu Artha di Ruang VIP Kantor Bupati Jembrana, Selasa (4/8).

Kepala Kadek Muriadi Wirawan menyampaikan kegiatan SPO 2020 dilaksanakan mulai dari Februari dan berakhir akhir Maret. Namun adanya COVID-19, SPO diperpanjang kembali sampai dengan tanggal 29 Mei 2020.

Dari hasil pelaksanakan SPO tersebut diperoleh Kabupaten Jembrana memiliki presentase 38,93 persen. Capaian tersebut juga melampui di atas rata-rata Provinsi Bali yang sebesar 35,59 persen.

Baca juga:  KBI Bali Bentuk Pengurus di Kabupaten

“Dengan pencapaian tersebut, BPS Pusat memberikan penghargaan kepada Kabupaten Jembrana yang telah melampaui target. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Jembrana yang telah berperan aktif dalam menyukseskan SPO ini. Data ini sangat bermanfaat untuk perencaan masa depan bangsa,” ujarnya.

Lebih lanjut Kepala BPS Jembrana Kadek Muriadi Wirawan menjelaskan bahwa pencapaian tersebut juga tidak terlepas dari partisipasi ASN Pemerintah Kabupaten Jembrana dalam Sensus Penduduk Online (SPO) 2020 sebanyak 3.170 ASN atau sebesar 94,43%. BPS Jembrana akan kembali menyelenggarakan sensus penduduk yang akan dilaksanakan pada September 2020 ini.

Baca juga:  Jelang Imlek, Umat Bersih-bersih di Kongco Batur

Namun sensus kedua ini tidak lagi secara online, melainkan dengan strategi drop of pick up (dopu) melalui pengisian kuisioner. “Untuk itu kami juga memohon arahan dan support dari pemerintah daerah jembrana guna menuntaskan 100% data Sensus Penduduk tahun 2020 yang ada di Kabupaten Jembrana ini,” harapnya.

Sementara Bupati Jembrana I Putu Artha turut memberikan apresiasi atas partisipasi masyarakat Jembrana dalam mensukseskan program sensus penduduk secara online tahun 2020. Capaian tersebut kata Artha membuktikan sinergi diantara pemerintah telah berjalan baik.

Hal itu juga dibuktikan dengan respons masyarakat Jembrana terhadap SPO 2020 sangat bagus. Sebanyak 109,1 ribu dari 280,40 ribu penduduk Jembrana telah mengikuti SPO 2020.

Baca juga:  BPS Catat Kunjungan Wisman ke Indonesia Naik Januari 2023

“Sensus Penduduk Online (SPO) tahap pertama sudah terlaksana dengan baik dan melampaui target, saya harap hal yang sama juga dilakukan pada sensus penduduk tahap kedua, bahkan bisa lebih baik,” ucapnya.

Selanjutnya Bupati Artha juga menambahkan dukungan sensus penduduk 2020 tahap dua dilakukan melalui sosialisasi kepada masyarakat. Selain itu sosialisasi juga akan dilakukan diseluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) maupun dunia pendidikan guna menuntaskan 100% data sensus penduduk di Kabupaten Jembrana.

“Data sensus penduduk sangat penting keberadaannya. Data tersebut dapat menjadi referensi dalam mengambil kebijakan pemerintah daerah. Sehingga nantinya kebijakan yang akan diambil akan tepat sasaran,” tandasnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *