Seorang pria bersepeda di antara para pejalan kaki di Miami Beach, Florida, pada 26 Juni. (BP/AFP)

NEW YORK, BALIPOST.com – Florida telah melaporkan lebih dari 15.000 kasus baru coronavirus dalam sehari. Jumlah itu memecahkan rekor kasus harian yang dilaporkan negara bagian di AS.

Sebelumnya, rekor itu dipegang oleh California, menurut data resmi yang dipublikasikan Minggu.

Negara bagian yang terpukul parah oleh COVID-19 ini melaporkan sebanyak 15.299 kasus pada Minggu (12/7) dikutip dari AFP. Jumlah ini naik sebesar 47 persen dibandingkan hari sebelumnya, sesuai dengan laporan dari Departemen Kesehatan Florida.

Baca juga:  Kasus Positif COVID-19 Terus Meningkat, Tempat Karantina Makin Penuh

Negara bagian ini juga mencatat adanya 45 kematian yang dikaitkan dengan COVID-19 pada hari yang sama. Selama lima hari, Florida telah mencatat terjadinya 55.842 kasus baru.

Rekor satu hari sebelumnya untuk kasus baru dipegang oleh California, dengan 11.694 kasus terdaftar pada Rabu lalu. Sebelumnya pemegang rekornya adalah New York, dengan 11.571 kasus dilaporkan pada 14 April lalu.

Gubernur Florida, Ron DeSantis, membuka karantina wilayah di negara bagian itu pada 4 Mei, lebih awal dibandingkan negara-negara bagian lainnya.

Baca juga:  Sejumlah Pantai di Thailand Dibuka Kembali

Pejabat tinggi kesehatan AS, Anthony Fauci mengkritik kebijakan Floria itu pada Kamis lalu dengan mengatakan bahwa Florida melonggarkan karantina wilayah sebelum indikator kesehatan masyarakatnya membenarkan tindakan itu.

DeSantis membantah hal itu, mengatakan keputusannya didasarkan pada data terbaik pada saat itu.

Pada akhir Juni, DeSantis memerintahkan agar bar ditutup kembali dalam upaya untuk meluasnya penyebaran penyakit, tetapi jumlah infeksi terus meningkat. Tetapi, Gubernur Florida menolak untuk mengeluarkan kebijakan penggunaan masker di depan umum, sebuah langkah yang telah diambil beberapa gubernur di kawasan selatan lainnya – mengatakan itu adalah keputusah bagi para pejabat lokal untuk menentukannya. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.