Suasana jalan di Negara, Kamis (26/3). (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Ngembak Geni, sehari pasca-Nyepi di Jembrana tak seperti tahun-tahun sebelumnya. Jalan-jalan protokol serta jalan-jalan menuju pantai yang biasanya ramai kendaraan bermotor, Kamis (26/3) sepi.

Hanya jalan Denpasar-Gilimanuk yang masih ada lalu lalang kendaraan, terutama kendaraan barang. Sepinya jalan dan pantai ini merupakan tindaklanjut imbauan dari Bupati Jembrana I Putu Artha yang dikeluarkan sebelum Nyepi menindaklanjuti himbauan Gubernur Bali I Wayan Koster.

Baca juga:  Sempat Kontak dengan Pasien Positif COVID-19, Ini Hasil Uji Swab Enam Warga

Dalam surat nomor 360/438/BPBD/2020 tertanggal 24 Maret 2020 itu disebutkan, diharapkan masyarakat Jembrana berada di rumah masing-masing, seperti pelaksanaan Nyepi (amati lelungan).

Kasat Lantas Polres Jembrana Iptu Ayu Shinta Pramesti, Kamis (26/3) mengatakan untuk pengamanan di jalan petugas dari Satlantas melakukan penjagaan. Termasuk di sepanjang jalan Denpasar-Gilimanuk dari Pelabuhan hingga wilayah Pekutatan. “Tetap ada anggota jaga. Yang tidak boleh hari ini masyarakat keluar rumah tanpa kepentingan mendesak, ” ujarnya.

Baca juga:  Ngembak Geni, Danau Buyan Ramai Dikunjungi Pemancing

Sedangkan untuk kendaraan dari Denpasar-Gilimanuk termasuk yang keluar masuk Bali masih diperbolehkan. Pelabuhan Gilimanuk dan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk tetap dibuka sejak pukul 06.00 Wita tadi. “tetap buka pukul 06.00 Wita tadi,” ujar Kapolsek Gilimanuk, Kompol Gusti Nyoman Sudarsana. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN