JAKARTA, BALIPOST.com – Di tengah meningkatnya upaya social distancing lewat pembelajaran online, platform digital menghadirkan beragam alternatif. Salah satunya Tokopedia yang meluncurkan layanan baru ‘Tokopedia Belajar.’

Layanan baru ‘Tokopedia Belajar’ ini diluncurkan Senin (23/3) untuk mempermudah masyarakat mendapatkan akses lebih luas dan terjangkau terhadap pendidikan serta pelatihan vokasi. Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, mengungkapkan Tokopedia percaya bahwa pendidikan yang lebih baik akan mendatangkan kehidupan yang lebih baik. “Kehadiran Tokopedia Belajar menjadi salah satu langkah kami dalam mendukung kontinuitas pendidikan masyarakat di Indonesia, termasuk pelajar yang tengah menjalankan kegiatan belajarnya secara daring di rumah akibat dampak COVID-19.”

Baca juga:  Indonesia Miliki 433 Kamera Statis Untuk ETLE

Melalui Tokopedia Belajar, Tokopedia menggandeng 100 lembaga pendidikan untuk menyediakan beragam pilihan pelatihan daring (online) atau luring (offline) dalam bentuk voucher digital. Jenis lembaga pun beragam, mulai dari Informasi dan Teknologi (IT), bahasa, kepemimpinan dan profesional, fotografi, bisnis, desain dan multimedia, hingga pemasaran digital. “Sistem pelayanan di Tokopedia Belajar tersedia online selama 24 jam. Hal ini memungkinkan masyarakat memperoleh voucher digital pendidikan atau pelatihan kapan pun dan di mana pun secara mudah.”

Baca juga:  Dapat Lampu Hijau Kemenhub, Bandara Raja Ampat Siap Go International

Di sisi lain, Tokopedia juga ditunjuk sebagai mitra platform digital resmi oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI untuk meluncurkan fitur Kartu Prakerja. Kolaborasi ini dilakukan demi membantu masyarakat mendapatkan akses terhadap sejumlah kebutuhan pendidikan hasil kurasi Tokopedia Belajar yang dapat meningkatkan kompetensi, produktivitas dan daya saing masyarakat dalam menghadapi dunia kerja.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, mengungkapkan, kartu prakerja menjadi solusi alternatif bagi masyarakat yang terdampak COVID-19. “Yakni untuk mendapatkan skill baru (skilling), meningkatkan keterampilan di bidang yang telah ditekuni (upskilling), atau di bidang yang baru (reskilling).”

Baca juga:  Agar Tak Menjadi Korban Penipuan, Literasi Digital Jadi Hal Penting

Masyarakat dapat memanfaatkan fitur Kartu Prakerja untuk mengakses berbagai pilihan program edukasi atau pelatihan dari beragam institusi pendidikan terkurasi dari Tokopedia Belajar. Pemilihan bisa didasarkan kriteria lokasi maupun metode pembelajaran yang diinginkan. (kmb/balipost)

BAGIKAN