GIANYAR, BALIPOST.com – Krama antusias mengikuti rangkaian nganyarin di Pura Penataran Sasih Pejeng, Desa Pejeng Kecamatan Tampaksiring pada Minggu (15/3). Prosesi nganyarin ini akan digelar hingga Kamis (19/3).

Sementara untuk puncak karya Pedudusan di Pura Penataran Sasih Pejeng sudahh dilaksanakan bertepatan dengan Purnama Kesanga pada Senin (9/3). Bendesa Adat Jero Kuta Pejeng Cokorda Gde Putra Pemayun mengatakan persiapan karya pedudusan di Pura Penataran Sasih Pejeng sudah digelar sejak Selasa (3/3). “Persiapan sudah cukup lama, krama sudah ngayah mempersiapkan sarana dan prasarana upacara,” katanya Minggu (15/3).

Baca juga:  Pujawali ke-33 Pura Mertasari Rempoa

Selanjutnya pada Minggu (8/3) dilaksanakan upacara munggah canang, pada upacara ini dilakukan berbagai rangkaian seperti nanceb penjor, ngian wantilan dan lainnya. Hingga pada keesokan harinya dilaksanakan puncak karya. “9 Maret itu puncak karya, Ida Bhatara Kahyangan Tiga Manca Manca yang ada di wilayah jagat Pejeng Kelod, Pejeng Kangin dan Pejeng Kaja, hingga Ida Bhatara sesuunan dari Singapadu dan Laplapan itu datang ke pura dan menyaksikan pujawali di Pura Penataran Sasih,” jelasnya.

Baca juga:  88 ASN di Pemkab Gianyar Dimutasi

Usai prosesi ini dilaksanakan upacara nganyarin hingga 19 Maret. Bertepatan pada hari itu juga seluruh krama dan ida bhatara sesuhunnan akan melaksanakan upacara melasti ke Pantai Masceti. “Ini sekaligus melasti penyepian, nah usia melasti Ida bhatara mesinab ke suang-suang pura,” tambahnya. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN