Anggota Komisi IV DPR RI, Drs. I Made Urip, M.Si saat peresmian bantuan SP3T senilai total Rp 3 miliar. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com –  Petani dan krama subak di Kabupaten Jembrana disambangi oleh Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs. I Made Urip, M.Si. Lagi-lagi, Anggota DPR RI lima periode yang dijuluki “Wakil rakyat sejuta traktor ini,” membawa oleh-oleh bantuan. Ia sekaligus meresmian Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) senilai Rp 3 miliar yang ditandai dengan penguntingan pita oleh Made Urip.

Selain menyerahkan bantuan pabrik penyosohan beras berkapasitas 10 ton tersebut, juga secara simbolis menyerahkan bantuan 5 ribu bibit unggul, berupa pohon buah-buahan yang langsung ditanam bersama di Subak Tibu Beleng, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Senin (9/3) siang. Pada kesempatan itu, Kelian Subak Tibu Beleng, I Nyoman Teknis berkata sangat terharu dengan kedatangan Made Urip yang jauh-jauh ke pelosok desa untuk bertemu dan membantu petani dan krama subak di Jembrana.

Baca juga:  127 Peserta Ikuti Tes PMKA di FKG Unmas Denpasar

Made Urip mengakui selama menyambangi pertanian di Jembrana, kini sudah bisa melihat perjuangan bersama dan atas inisiatif krama subak mengajukan bantuan untuk penanganan pasca panen dalam bentuk SP3T yang bisa direalisasikan tahun 2019. Apalagi ada lahan 600 hektar di Jembrana sebagai kawasan sentra padi yang mampu menunjang pertanian di Bali.

Bantuan ini akan menjawab persoalan pasca panen, baik dari sisi produksi dan kualitasnya, sehingga Jembrana bisa memiliki produk unggulan dengan brand lokal di Bali. “Jangan sampai keluar Bali produknya, tapi balik lagi ke Bali. Jadi dengan alat ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktifitas, sekaligus menegakan kedaulatan pangan dari padi, jagung dan kedelai (Pajale, red) jangan sampai impor. Kita jangan hanya mengandalkan pangan dari luar dan harus berswaaembada,” sebut Ketua DPP PDI Perjuangan tiga periode yang kali ini membidangi Pertanian dan Lingkungan Hidup itu. (Adv/balipost)

BAGIKAN