Suasana tes fisik atlet PON Bali di GOR Lila Bhuana, Denpasar, Kamis (27/2). (BP/nel)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sebanyak 239 atlet PON Bali dari 28 cabang olahraga (cabor) mengikuti tes fisik di GOR Lila Bhuana, Denpasar, Kamis (27/2). Tes diawasi tim penguji dari Ganesha Sport Centre (GSC) Undiksha Singaraja.

Tes fisik meliputi keseimbangan, kekuatan otot dan kardio vaskuler. “Tes fisik ini untuk mengetahui tingkat kebugaran atlet, utamanya atlet atletik, bela diri serta cabor yang memerlukan fisik dan stamina tangguh,” jelas Dekan FOK Undiksha Singaraja Ketut Budaya Astra di sela-sela tes fisik.

Menurutnya, pada prinsipnya seluruh atlet PON menempuh tes fisik ini sebagai dasar ketahanan fisik. “Kami menganalisis hasil tes fisik ini berdasarkan sport science dan kajian ilmiah,” ujarnya.

Binpres KONI Bali Nyoman Yamadhiputra menyebutkan, hasil tes fisik akan diberikan kepada pelatih mengenai rapor atletnya. Untuk itu, pelatih diharapkan memahami hasil realistis kebugaran asuhannya.

“Berdasarkan hasil tes fisik ini, pelatih bisa menambah porsi latihan untuk mengukur daya tahan fisik atlet apakah mereka layak diturunkan pada sebuah event,” sebutnya. (Daniel Fajry/balipost)

BAGIKAN