Longsor menimpa rumah warga di Dusun Abian Canang, Desa Ulakan, Manggis, Karangasem. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Karangasem beberapa hari lalu, mengakibatkan sebuah tebing setinggi 10 meter longsor dan menimbun rumah warga di Dusun Abian Canang, Desa Ulakan, Manggis. Beruntung tidak ada korban jiwa.

Pemilik rumah, Ni Nengah Kerni, Senin (24/2), mengatakan, akibat tertimbun material longsoran, rumahnya mengalami kerusakan cukup parah. Tembok rumah retak-retak dan atap hancur akibat tertimpa pohon bersama longsoran. “Satu palinggih di atas rumah juga tergerus,” ujarnya.

Baca juga:  Lakalantas di Bebandem, Satu Luka-luka

Menurutnya, tebing longsor pada malam hari sekitar pukul 24.00 Wita. Mendengar suara gemuruh, dirinya bersama keluarga langsung keluar rumah menyelamatkan diri. “Saya tidak memiliki tempat tinggal lagi. Untuk sementara kami numpang di rumah mertua,” sebutnya.

Kalak BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa menyatakan, wilayah Dusun Abian Canang memang rawan longsor. Tanah yang berisi bebatuan ketika diguyur hujan akan longsor karena air masuk ke sela-sela bebatuan. “Sampai saat ini material longsoran belum bisa dibersihkan secara manual karena cukup besar. Kami harus memakai alat berat,” paparnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN