TABANAN, BALIPOST.com – Puncak Karya Agung Pangurip Gumi di Pura Luhur Batukau, Wongaya Gede, Tabanan, pada Kamis, Umanis, Dungulan (20/2), berlangsung khidmat. Ribuan pamedek mengikuti proses puncak karya tersebut.

Persembahyangan upakara tidak seperti biasanya yang hanya lima kali. Kali ini digelar 13 kali yang dipandu tiga sulinggih didampingi Mangku Gede Pura Luhur Batukau, Jro Gede Kubayan, dan Cokorda Tabanan. Persembahyangan dimulai tepat pukul 12.00 Wita hingga malam. Upakara juga dilakukan di masing-masing rumah dan pura tri kahyangan di masing-masing desa adat.

Baca juga:  Usaba Pura Dalem Puri Besakih Dimulai 21 Januari

Bendesa Adat Wongaya Gede Ketut Sucipto menyatakan, di Pura Tri Kahyangan dihaturkan banten suci gede jangkep (palinggih utama), di bale agung/piyasan dihaturkan upakara datengan (bebek 11 tanding), sor natar segehan agung, serta di palinggih lainnya dihaturkan pejati.

Di masing-masing sangah merajan di rong tiga (suci sari jangkep dengan rayunan putih kuning), palinggih Pajenenganserta palinggih Siwa juga dihaturkan suci sari jangkep, di piyasan/ayaban, dihaturkan datengan jangkep (ini untuk merajan gede), di sor natar dihaturkan segehan agung, di palinggih penunggun karang dihaturkan suci sari jangkep, di palinggih surya dan di lebuh dihaturkan pejati dengan segehan manca warna. Di soang bangket dihaturkan pejati.

Baca juga:  Lahan di Pura Bukit Kursi Terbakar

Di masing-masing kebun (tegal), sawah dan tempat usaha dihaturkan segehan manca warna, mapenjor jangkep dan nangluk merana. Upakara di masing-masing rumah bisa dilakukan sehari setelah puncak karya, karena saat puncak krama pangempon ikut ngayah di pura. (Asmara Putra/balipost)

BAGIKAN