Perseden Denpasar. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kesebelasan Perseden Denpasar berhasil melaju ke babak 16 besar Kompetisi Liga 3 musim 2019 lalu. Atas hasil itu, seyogianya Tim Laskar Catur Muka otomatis langsung mengikuti putaran nasional pada musim kompetisi 2020 ini.

Kenyataannya, regulasi yang dikeluarkan PSSI Pusat bagi tim yang degradasi dari Liga 2 maupun kontestan Liga 3 yang tembus babak 16 besar putaran nasional tetap harus merangkak mengikuti kompetisi Liga 3 Rayon Bali dulu. Sekum Asprov PSSI Bali Dewa Made Teges Wirawan usai Kongres Tahunan PSSI Bali, di Denpasar, Minggu (16/2) menegaskan, regulasi yang baru menyebutkan seluruh kontestan Liga 3 harus melewati seri provinsi.

Baca juga:  Mengelola PSSI dengan Dedikasi

Kemudian bagi tim yang lolos melaju ke seri regional, selanjutnya ke seri nasional. “Kami menerima klub anggota baru PSAD Udayana. Kontestan kompetisi Liga 3 Rayon Bali 2019 lalu tercatat 10 klub. Kami harapkan musim 2020 ini bisa melibatkan minimal 12 tim,” papar Dewa Teges.

Dijelaskannya, Kompetisi Liga 3 Rayon Bali mulai digulirkan 7 Juni, kemudian seri regional September-Oktober dan seri nasional November-Desember. Selain itu, Asprov PSSI juga menggelar kompetisi kelompok umur mulai U-12, U-13, U-14, U-15 dan U-17, ditambah kompetisi sepak bola putri.

Baca juga:  Gubernur Pastika Lantik Penjabat Bupati Gianyar

Sementara, pelatih Perseden 2019 Wayan Sukadana mengaku dirinya belum tahu regulasi 2020 ini, mengingat kepengurusan PSSI Pusat juga baru. Yang jelas, ketika dirinya mengarsiteki Perseden, kala itu regulasinya bagi tim yang melaju ke 16 besar, otomatis musim depan langsung ke putaran nasional tanpa merangkak lagi dari Kompetisi Rayon Bali. “Saya juga belum tahu pelatih siapa yang dipercaya menangani Perseden 2020 ini,” ujarnya. (Daniel Fajry/balipost)

BAGIKAN