Suasana Kejuaraan Catur Piala Maranatha. (BP/nel)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pecatur GM Susanto Megaranto (Jabar) dan MI Azarya Jodi Setyaki (DKI) keluar sebagai juara untuk kategori terbuka dan catur cepat, dalam Kejuaraan Catur Piala Maranatha XIII/2020, di Denpasar yang berakhir Sabtu (15/2). Juara II terbuka diraih MF Deni Sonjaya (Jabar), kemudian MI Azarya Jodi Setyaki (Jabar), MI Sean Winshand Cuhendi (DKI) serta MN Fikrul Saifudin (Papua).

Juara II untuk kategori catur cepat direbut MF Deni Sonjaya (Jabar), MN Ricky Rismanto (Jabar), MN M. Wahyu Rs (DIY) dan Arya Wisang Hakasa (Jatim). Untuk kategori U-15 juaranya Aurellia Vania Winanda (Jatim), Fabian Glen Mariano (Bali), Lano (Jatim), Ulihaqqi Ragiel Pangestu (Jatim) dan Salwa (Jatim).

Usai penutupan, Ketua Panpel Denny Jerry Manuhutu menjelaskan, event ini digelar tiap dua tahun sekali dan persiapan panitia sangat mepet, persisnya sejak Desember 2019. Kendati demikian, pesertanya membludak dari 10 provinsi lebih. “Kami menargetkan 150 peserta. Kenyataannya, jumlah pesertanya mencapai 200 lebih,” ujar Jerry.

Ia pun berharap, turnamen yang sudah masuk kalender PB Percasi ini supaya tetap dipertahankan dan rutin dihelat dua tahun sekali. Sementara, Inspektur Pertandingan (IP) Agus Subandrio menerangkan, animo peserta cukup tinggi, mengingat melalui ajang ini pecatur berkesempatan meningkatkan elo rating.

Disisi lain, GM Susanto mengakui, dirinya gagal merebut gelar juara di nomor catur cepat dan harus puas berada di peringkat ke 11. “Saya kalah dua kali di nomor catur cepat,” ujarnya. (Daniel Fajry/balipost)

BAGIKAN