Wisatawan di Pelabuhan Padangbai. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Penyebaran virus corona masih terus diantensi oleh semua pihak agar tak masuk ke Pulau Bali. Seperti yang dilakukan Otoritas Pelabuhan Padangbai Manggis. Pada Jumat (14/2), Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Denpasar Wilayah Kerja Padang Bai melakukan konsolidasi pencegahan virus corona.

Koordinator Wilayah Kerja Padangbai Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Denpasar, I Putu Suardiana, mengatakan, pihaknya saat ini memperketat pengawasan pintu masuk kedatangan pelabuhan. Kata dia, langkah yang bisa dilakukan saat ini adalah dengan cara memasang thermo scanner di semua pintu dermaga.

Baca juga:  Pekan Ini, Nasional Alami Peningkatan Tambahan Kasus Positif COVID-19 Hingga 17 Persen

“Kita melakukan pengecekan terhadap kapal-kapal yang direct langsung dari luar negeri ke Karangasem. Tapi, kalau wisatawan mancanegara yang telah mendapat pemeriksaan di bandara, kita tidak cek lagi,” ujarnya.

Suardiana, menambahkan, ada tiga pola pengecekan ang dikakukan pihaknya. Untuk scanning pertama sebagai garda terdepan ada di Bandara Ngurah Rai, scanning kedua dilakukan di daerah. Dan scanning tiga dilakukan di pelabuhan. “Kita juga memeriksa wisatawan yang sudah masuk ke hotel atau penginapan. Kita terus pantau wisatawan yang ke luar Bali menuju Gili Trawangan. Begitu juga sebaliknya dari Pelabuhan Padangbai menuju Lombok,”Katanya.

Baca juga:  Sepuluh Hari Karam, Ini Rincian Kendaraan Dievakuasi dari KMP Rucitra Dharma III

Lebih lanjut dikatakannya, selain itu, sebelumnya pihaknya juga telah melakukan aksi pembangian masker kepada awak kapal dan para penumpang. Serta memasang leaflet memberikan informasi kepada penumpang terkait cara pencegahan virus corona ini. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN