Tempat pebasmian yang akan digunakan dalam prosesi palebon Ida Pedanda Nyoman Temuku. (BP/nik)

GIANYAR, BALIPOST.com – Prosesi palebon untuk almarhum Ida Pedanda Nyoman Temuku akan diselenggarakan pada Senin (27/1) besok. Prosesi palebon ini dipastikan tidak menggunakan bade.

Jenazah almarhum akan diusung oleh para sisya menuju pebasmian (tempat pembakaran) yang berada di areal Griya Cebang Giri Kesuma di Desa Melinggih, Kecamatan Payangan. Pengguna jalan Payangan-Kintamani diharapkan mencari jalur alternatif lain sebab hari itu jalur tersebut akan digunakan selama prosesi berlangsung.

Baca juga:  Palinggihnya Rusak Berat Tertimpa Pohon, Pura Prajapati Denpasar Direnovasi

Putra Almarhum IB Mayun Giri Kesuma menerangkan prosesi palebon akan dimulai sejak Senin pagi. Namun untuk puncak prosesi palebon di pebasmian akan dilaksanakan pada Senin siang sekitar pukul 13.00 wita.

Sarana palebon untuk penemu Wariga Belog ini tidak menggunakan bade. Jasad almarhum akan diuusung oleh para sisya menuju areal pebasmian. “Selama pengusungan layon dari merajan sampai ke tempat pebasmian, jalan sementara akan ditutup, tetapi setelah itu dibuka lagi,” jelasnya. (Manik Astajaya/balipost)

Baca juga:  COVID-19 Sebabkan Ekonomi Dunia Jatuh ke Jurang Resesi Terdalam
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *