MANGUPURA, BALIPOST.com – Menjelang perayaan tahun baru Imlek 2571 yang jatuh pada hari Sabtu (25/1/2020) Warga keturunan Tionghoa di Vihara Dharmayana Kuta, Jumat (24/1) menggelar prosesi Tolak Bala. Pada prosesi ini, seluruh umat menggelar upacara di tiap persimpangan jalan di wilayah Kuta.

Penangung Jawab Vihara Dharmayana, Adi Dharmaja menjelaskan, rangkaian menyambut Imlek 2571 ini, diawali dengan melaksanakan persembahyangan atau prosesi tolak bala di masing-masing pertigaan dan perempatan yang dimulali dari depan Vihara. Menurutnya, secara tradisi budaya Tionghoa prosesi itu bermakna agar di dalam menyambut Imlek 2571, bisa berjalan dengan penuh suka cita dan tidak ada aral melintang. “Tujuan dilakukan persembayangan tolak bala, persembayangan tutup tahun, agar perayaan tahun baru imlek ini berjalan dengan penuh suka cita,” katanya.

Baca juga:  Tersambar Petir, Sebuah Villa di Pecatu Hangus Terbakar

Menurutnya, Imlek 2571 ini merupakan shio Tikus Logam. Tahun ini, masyarakat diharapkan tetap semangat dan selalu menjaga kemanan demi kenyamanan bersama.

Pihaknya berharap kepada seluruh warga yang sudah diberikan ruang untuk berkiprah baik dalam abdi negara maupun darma agama, diharapkan bisa terus tetap eksis. Tetap menjalankan tugas sesuai dengan kemampuan serta menjaga kejujuran. “Kami berharap, mereka selalu bisa diberikan kesehatan maupun rejeki yang berlimpah,” harapnya. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.