Taru Urip. (BP/ded)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tanaman parasit tak semuanya buruk dan berimplikasi negatif bagi kehidupan manusia. Buktinya, Kepasilan atau Benalu adalah tanaman parasit yang menempel pada tanaman lainnya namun memiliki efek luar biasa bagi kesehatan.

Di tangan-tangan kreatif yang diinisiasi Wayan Nursidi, Kepasilan diracik menjadi minyak herbal serbaguna ‘Taru Urip’’. Produk asli Bali ini yang diproduksi CV Pawisik Jagat ini terbuat dari 108 jenis kepasilan. Produk ini merupakan minyak herbal pertama di Indonesia yang menggunakan bahan kepasilan.

Baca juga:  Bupati PAS Dorong Pengembangan Wisata Taman Karang Bondalem

Saat berkunjung ke Bali Post, Rabu (22/1), Nursidi yang merupakan Direktur CV Pawisik Jagat didampingi owner, Jro Sutiawati menjelaskan, tanaman benalu dikenal sebagai tanaman obat. Efek klinis pada benalu berasal dari senyawa bioakif berupa asam amino, karbohidrat, flavonoid, alkaloid dan saponin. Senyawa tersebut mampu menetralisir pengaruh racun sehingga mengurangi kerusakan sel.

Kunjungan para pimpinan CV Pawisik Jagat ke Bali Post. (BP/kmb)

Minyak Taru Urip punya banyak khasiat. Khasiatnya antara lain dapat membantu menyembuhkan nyeri, rematik, asam urat, kesemutan, sakit pinggang, keseleo, saraf kejepit, stress, susah tidur, tipus, paru-paru basah, pilek menahun, diabetes, maag, ketombe, flu, infeksi dan membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit. (Dedy/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.