DENPASAR, BALIPOST.com – Makin banyak saja, rumah makan yang menyajikan makanan rumahan dan minuman herbal di Denpasar. Salah satunya, Kedai Kemu-Lan.

Mengandalkan nasi campur ala rumahan, kedai ini mencoba menarik minat penikmat kuliner yang rindu makanan rumahan. Nasi campur yang disajikan berisi ayam suwir bumbu, sate ayam, ayam goreng, telur bumbu kuning, sayur kacang panjang bumbu kuning, serta dua macam sambal, yakni embe dan matah. Hidangan ini dilengkapi kacang goreng dan sayur nangka.

Baca juga:  Puluhan Penjahat Jalanan Terjaring Operasi K2YD

Menurut sang pemilik, Ketut Suryadi Putra, dirinya memang mencoba menghadirkan masakan-masakan tradisional Bali di kedainya. Pria asal Buleleng ini pun menyediakan minuman herbal sebagai peneman bersantap. “Ada minuman tradisional, seperti kunyit, jahe, dan sejumlah wine buah-buahan yang kami jual,” katanya, Selasa (21/1).

Ia mengaku minuman herbal yang dijualnya merupakan produk racikan menggunakan bahan-bahan alami tanpa pengawet. Minuman kunyit yang bagus untuk pencernaan, misalnya, disajikan dengan campuran madu dan jeruk peras. “Ini merupakan minuman detoks yang baik bagi kesehatan,” paparnya.

Baca juga:  Made's Warung Rayakan 50 Tahun Berdiri, Harap Bisa Bertahan hingga 1 Abad

Sementara minuman lainnya yang spesial adalah wine dari buah mulberry. Wine ini, kata Suryadi, diproduksi di Batu, Malang.

Produksinya tergantung musim karena Mulberry tidak selalu tersedia. “Kami juga mengolah tomat dan apel sebagai wine. Saat ini perizinan terkait peredaran wine sedang kami urus,” ungkapnya. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.