Ilustrasi. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Coronavirus yang saat ini menginfeksi daerah Wuhan, China, merupakan virus terbaru dari jenis coronavirus. Dokter konsultan paru-paru RSUP Sanglah, dr. I Made Bagiada, Sp.P.D. (KP) mengatakan, coronavirus terdiri banyak variasi mulai dari virus yang bisa menyebabkan flu sampai SARS.

“Untuk coronavirus yang saat ini sedang merebak di Wuhan, China, dari informasi merupakan coronavirus tipe baru,” ujar Bagiada.

Karena tipe baru, masih belum dipastikan apakah virus ini bisa menular dari manusia ke manusia. Perbedaan coronavirus dengan bakteri penyebab pneumonia ada pada progresivitasnya.

Baca juga:  Antisipasi Corona, Ini Wajib Dipatuhi Maskapai Penerbangan!

Jika disebabkan virus, orang yang terinfeksi bisa mengalami gejala memburuk hanya dalam hitungan jam sehingga memerlukan penanganan yang cepat.

Sementara dari segi gejala hampir sama yaitu dimulai dari pilek, batuk, panas dan kemudian sesak dan terjadi infeksi paru-paru. ”Kalau bakteri, proses dari pilek sampai terjadi infeksi paru itu butuh proses yang agak lama. Tetapi kalau virus, bisa saja hitungan jam sudah menyebabkan infeksi paru. Progresifnya cepat,” ujarnya. (Wira Sanjiwani/balipost)

Baca juga:  Nihil Kasus Baru Sebulan, Wuhan Kembali Laporkan Penambahan Pasien COVID-19
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *