AMLAPURA, BALIPOST.com – Kebakaran lahan hutan di lereng Gunung Agung di wilayah Dusun Pucang, Desa Ban, Kubu, Karangasem kembali terjadi. Kali ini, kebakaran merembet hingga Pura Madia Dukuh Bujangga.

Kepala BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa mengatakan, lahan hutan yang terbakar ada di komplek hutan Gunung Abang-Agung (RTK-8). Kata dia, lokasi kebakaran masih berada di zona merah kawasan rawan bencana (KRB 3). “Luas lahan yang terbakar mencapai tiga hektare. Kebakaran akibat gesekan pohon,” ucapnya.

Baca juga:  Lebih Rendah dari Sehari Sebelumnya, Tambahan Kasus COVID-19 Bali Masih 2 Digit

Arimbawa menambahkan, kebakaran tidak hanya membakar lahan hutan. Pura Madia Dukuh Bujangga yang berada di dekat hutan juga ikut terbakar. “Yang terbakar di pura adalah merutumpang 11, meru tumpeng 7, meru tumpang 3, bale pesamuhan, padmasana, degong dan prasasti,” katanya.

Dia menjelaskan, untuk saat ini memang masih terlihat adanya titik api. Guna mengantisipasi kebakaran semakin meluas, tim gabungan BPBD, TNI, petugas kepolisan, Damkar dan warga setempat membuat sekat dengan melakukan pmbersihan ranting-ranting di lokasi.

Baca juga:  Ditemukan, Sarkofagus di Lokasi Pengerukan Tanah

Warga setempat, Sumerta mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 14.00 Wita. Kata dia, akibat angin bertiup kencang, kebakaran cepat meluas ke Pura Madia Dukuh Bujangga. “Warga sempat memadamkan api yang mudah terjangkau,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *