Prajurit TNI AD menggelar tirtayatra ke sejumlah pura. (BP/istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Dalam rangka pembinaan kehidupan prajurit yang profesional, ada tiga hal harus diseimbangkan yaitu jasmani, rohani dan intelektualnya. Untuk mencapai keseimbangan tersebut, pada Rabu (11/7), Dinas Pembinaan Mental TNI Angkatan Darat (Disbintalad) melaksanakan tirta yatra ke sejumlah pura di Provinsi Bali.

Kasubdisbinrohinbud Disbintalad, Kolonel Caj. I Wayan Santa, S.Ag., M.Si, saat membacakan sambutan Kepala Disbintalad, Brigjen TNI Abdul Karim di Pura Agung Jagatnatha mengatakan, tirta yatra ini merupaka salah satu realisasi dari program kerja Disbintalad tahun 2018. Provinsi Bali dipilih sebagai tempat penyelenggaraan tirta yatra karena memiliki nilai- nilai spiritual yang tinggi dalam peningkatan srada dan bakti kepada Tuhan Yang Maha Esa. “Kegiatan ini mengusung tema jadikan tirta yatra sebagai sumber peningkatan kualitas diri dalam menghadapi era globalisasi,” ujarnya.

Baca juga:  Dukung Penunjang Kesehatan TNI AD, BRI Serahkan Bantuan Enam Ambulans Mini ICU

Sejalan dengan tema tersebut, diharapkan para prajurit TNI AD memiliki keimanan dan ketaqwan serta kualitas diri yang mantap. Dengan demikian dapat melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, konsekuen, konsisten dan tulus ikhlas, mengingat betapa mendasarnya sasaran yang ingin dicapai.

Kegiatan ini diikuti 50 peserta merupakan perwakilan dari jajaran Bintal masing-masing Kodam se-Indonesia, terdiri dari perwira, PNS Golongaan III dari jajaran Disbintalad. Khusus dalam acara pembukaan di Pura Agung Jagatnatha juga diikuti oleh para prajurit dan PNS beragama Hindu jajaran Garnizun Denpasar dengan jumlah sekitar 350 orang. “Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 11 sampai 13 Juli 2018. Selain di Pura Agunf Jagatnatha, kami melaksanakan tirta yatra ke Pura Air Jeruk, Pura Goa Lawah, Pura Dalem Ped, Pura Goa Giri Putri, Pura Puncak Mundi dan di Pura Segara Penida. Penutupan kegiatan ini akan dilaksanakan di Pura Goa Lawah,” ungkapnya.

Baca juga:  Kasad Tegaskan Netralitas TNI Harga Mati

Hadir pada acara pembukaan ini antara lain Kabintaldam IX/Udayana Kolonel Arm I Made Sukarwa dan Ida Pandita Mpu Jaya Acarya Nanda sekaligus memberikan dharma wacana.(kerta negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *