Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kelelahan sepanjang waktu meskipun sudah tidur dalam jangka waktu yang lama, mungkin berarti kualitas tidur Anda tidak sebanding dengan kelelahan yang dirasakan tubuh. Untuk itu, mulailah memperhatikan pola tidur sehingga tidur menjadi bermanfaat bagi tubuh.

Berikut adalah lima tanda yang mungkin berarti Anda tidak memiliki kualitas tidur yang baik :

1. Sangat ceroboh

Jika Anda tiba-tiba sering mengalami kecelakaan kecil dan mengkonsumsi kopi berlebihan, itu mungkin ada hubungannya dengan kelelahan. Bila Anda sedang lelah, waktu reaksi otot Anda terhadap sesuatu bisa tertunda.

Hal ini yang menyebabkan Anda sulit untuk merespons cepat hal-hal yang terjadi di sekitar Anda. Paling tidak, pertimbangkan untuk tidur siang sebentar agar tubuh serta otot Anda mendapatkan istirahat.

2. Tidur panjang di akhir pekan

Jika Anda tidur dengan waktu enam jam semalam saat hari kerja dan 14 jam saat akhir pekan, ada kemungkinan siklus tidur tersebut menimbulkan rasa tidak segar dan lesu bagi tubuh Anda. Keputusan Anda untuk tidur empat atau lima jam ekstra di akhir pekan bukanlah hal yang tidak baik, namun tubuh Anda mungkin tidak mendapatkan apa yang dibutuhkannya selama seminggu.

Baca juga:  Waspadai ASF, Kandang Babi Warga di Manistutu Disemprot Disinfektan

Idealnya, Anda harus tidur dengan jumlah jam yang sama, apa pun harinya.

3. Asupan kafein yang banyak setiap hari

Jika Anda mengkonsumsi kafein terlalu banyak dalam satu hari, Anda mungkin harus mulai memperhatikannya, karena hal tersebut bisa saja merupakan salah satu tanda dampak dari kualitas tidur yang tidak baik.

Menurut Robert Rosenberg, spesialis obat tidur dan direktur medis Sleep Disorders Center di Arizona, mengandalkan kopi untuk tetap terjaga mungkin merupakan pertanda buruk. “Banyak orang yang mengandalkan kopi, soda, atau minuman berenergi sepanjang hari pada akhirnya benar-benar mengalami gangguan tidur,” kata Robert.

Baca juga:  Disayangkan, Kepatuhan Terapkan Prokes 3M Alami Penurunan

Cobalah satu atau dua hari dengan takaran setengah asupan kafein normal Anda, dan lihat apa yang terjadi. Jika Anda merasa hampir pingsan, saatnya untuk mempertimbangkan kembali pola tidur Anda.

4. Mudah tersinggung

Apakah Anda mulai marah kepada teman dan keluarga tanpa alasan? Anda mungkin mencari berbagai hal atau kambing hitam untuk menyalurkan amarah Anda, namun tahukah Anda hal tersebut bisa menjadi tanda Anda merasa terlalu kelelahan.

Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara tidur dan suasana hati Anda, jadi memiliki waktu tidur yang kurang benar-benar bisa membuat mood Anda tidak enak di pagi hari, terutama jika Anda terbiasa tidur dengan waktu yang kurang. Tentu saja, solusi yang pasti di sini adalah mengurus diri sendiri dan luangkan waktu istirahat yang cukup di malam hari.

Tetapi, bila hal tersebut tidak memungkinkan, buatlah perencanaan yang menenangkan dan membantu Anda mengatasi temperamental, seperti meditasi, yoga, latihan pernapasan atau apapun yang membantu Anda tetap tenang.

Baca juga:  Belasan Warga Bantas Tolak Isoter, Ini Dilakukan Kapolsek

5. Mendengkur saat tidur malam hari

Jika Anda tiba-tiba mendengkur sepanjang waktu tidur, dan Anda sebelumnya tidak pernah seperti itu, kemungkinan hal tersebut karena Anda belum memiliki tidur yang cukup berkualitas. Mendengkur adalah gejala langsung dan indikator dari kondisi sleep apnea, yang berarti bahwa jalan napas Anda berulang kali terblokir sepanjang malam dan hal ini menyebabkan Anda terbangun dari tidur untuk bernafas, sehingga mengganggu siklus tidur Anda.

Jika Anda memiliki sleep apnea, ada beberapa cara untuk mengobatinya, termasuk alat pernapasan khusus dan posisi tidur yang dapat Anda lakukan. Jadi, pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda tentang apa yang terbaik untuk Anda terkait masalah ini. (Goes Arya/balipost)
Sumber : Tempo

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *