Salah satu acara peringatan Hari Pahlawan digelar dengan melibatkan para veteran. (BP/dok)
SEMARAPURA, BALIPOST.com – Pemkab Klungkung menggelar upacara Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Puputan Klungkung, Jumat (10/11). Upacara dengan inspektur Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta ini dijadikan momentum memperkuat persatuan masyarakat, disamping melanjutkan perjuangan yang telah berlangsung dahulu.

Upacara ini juga dihadiri Wakil Bupati Klungkung Made Kasta, Ketua DPRD Klungkung Wayan Baru, Ida Dalem Semaraputra, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Klungkung (FKPD) serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klungkung.

Menteri Sosial Republik Indonesia dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Suwirta menyatakan dalam merintis kemerdekaan, para pahlawan telah menguras segenap pemikiran, tindakan dan dan berjuang secara kolektif.  Melalui peringatan yang mengusung tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri” ini, diharapkan masa depan bangsa bisa lebih baik. Hal demikian telah ditambatkan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden H.M. Jusuf Kalla melalui sebuah visi transformatif yang mengarahkan dan menghimpun gerak seluruh elemen Republik Indonesia yakni “Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong” ungkapnya.

Baca juga:  Direspons Negatif, Rencana Pemkab Klungkung Potong Gaji Tenaga Kontrak

Disampaikan pula, riwayat negeri Republik Indonesia telah menorehkan banyak teladan tentang semangat untuk berkorban. Pada era kemajuan global seperti ini, persatuan dan kesatuan bukan hanya sebuah imperatif yang harus dirawat. Namun lebih dari itu, adalah sebuah persyaratan sebagai bagian dari kekuatan yang tengah tumbuh.

Sementara Bupati Suwirta menyatakan sejalan dengan tema peringatan, generasi penerus bangsa diharapkan dapat memperkuat persatuan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan. Ditegaskan, tema tersebut jangan diterjemahkan terlalu susah.

Baca juga:  Maksimalkan Pelayanan Kesehatan, Gubernur Bali Tinjau RS Pratama Nusa Penida

Yang terpenting adalah bagaimana memulai persatuan dari diri sendiri dalam rangka membangun negeri. “Yang paling penting bagaimana memulai persatuan itu dalam rangka membangun negeri ini dimulai dari diri kita sendiri,” ujarnya.

Ditambahkan, hal terpenting lainnya dalam mewujudkan cita-cita pembangunan daerah dan mewujudkan persatuan ini adalah pengendalian pikiran. Sehingga langkah mewujudkan masyarakat adil dan makmur dapat tercapai. “Mari kita mulai dari diri sendiri untuk melanjutkan cita-cita besar menuju masyarakat adil dan makmur,” sebutnya.

Baca juga:  Maju Pileg 2024, Suwirta Segera Urus Pengunduran Diri Sebagai Bupati

Peringatan ini juga diisi tabur bunga di Tugu Pahlawan Semaraloka, Klungkung serta tatap muka dengan para Veteran di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, sekaligus pembagian sembako. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *